KPU Kabupaten Kediri Adakan Bimtek Aplikasi SILON Bagi Bakal Calon Perseorangan 

KPU Kabupaten Kediri Adakan Bimtek Aplikasi SILON Bagi Bakal Calon Perseorangan 

Reporter : Andy Anugrah

Kediri, kpu-kedirikab.go.id. - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengadakan bimbingan teknis (bimtek) aplikasi  Sistem Informasi Pencalonan (SILON), Jum'at (03/01/2020) siang. 

 Bertempat di Hotel Lotus Kediri, pukul 14.00 WIB, dilaksanakan bimtek aplikasi SILON untuk bakal pasangan calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kediri Tahun 2020. Bimtek tersebut mendatangkan operator bakal pasangan calon yang telah mendaftar sebelumnya, yakni bakal pasangan calon Rahmad Mahmudi-Kholid Suharto.

Komisioner Divisi Teknis, Anwar Anshori menjelaskan bahwa bimtek tersebut tujuannya untuk memberikan pemahaman  kepada operator SILON.

"Kita memberikan pemahaman kepada operator bakal pasangan calon dalam mengaplikasikan SILON untuk proses input data pendukung sampai penyerahan berkas ke KPU" ujar Anwar Anshori, Komisioner Divisi Teknis, Jum'at siang.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi mengungkapkan bahwa sesuai dengan isi surat edaran KPU RI tanggal 2 Desember 2019 tentang penyerahan dokumen dukungan bakal pasangan calon perseorangan disebutkan bahwa waktu penyerahan seluruh dokumen pada 19 Februari - 23 Februari 2020.

"Sebagaimana KPU Kabupaten Kediri telah menetapkan Jumlah minimum dukungan persyaratan dan persebaran pasangan calon perseorangan sebanyak 79.715 orang, sebanyak itu pula dukungan yang harus diserahkan," jelas Ninik Sunarmi, Ketua KPU Kabupaten Kediri, Jum'at siang.

Dalam bimtek tersebut operator diminta menunjukkan surat mandat yang sah dari bakal pasangan calon. Kemudian diberikan username aplikasi SILON untuk dapat mengisi dan mencetak beberapa dokumen yang dibutuhkan pada saat penyerahan persyaratan pencalonan. 

Bimtek berakhir pukul 15.00 WIB. (parmas/ lyn)