KPU Kabupaten Kediri adakan Bimtek Pengelolan Keuangan Sekretariat PPK Se-Kab Kediri

KPU Kabupaten Kediri adakan Bimtek Pengelolan Keuangan Sekretariat PPK Se-Kab Kediri

Reporter : Adminkpu

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Bertempat di Gedung Bagawanta Bhari Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kediri gelar Bimbingan Teknis Tata Cara pengelolaan Anggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020. Sejumlah 78 peserta yang terdiri dari Ketua, Sekretaris dan Bendahara PPK se Kab Kediri hadir kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Choirul Anam, Selasa (21/07/2020)

"Bimtek ini sangat penting, dari semua tahapan, tahapan ini yang saya kira resikonya juga tinggi, jika masalah surat suara hilang, kotak suara hilang, kekuragan perlengkapan teknis saya kira sudah biasa dan akan berakhir dan selesai pada waktunya, namun berbeda dengan pengelolaan keuangan permasalahan tidak bisa diatur dan tidak ada yang membantu kecuali masing-masing pihak" Ungkap Anam dalam sambutannya,Selasa (21/07/2020)

Anam juga mengungkapkan bahwa pengelola keuangan harus berhati-hati dan melaksanakan seluruh pertanggungjawaban secara prosedural. hal terpenting yang harus dilakukan oleh pengelola keuangan adalah cukup 2 hal yaitu pertama tidak ada fiktif dan yang kedua tidak mark up anggaran.

Setelah dibuka, Bimbingan teknis dilakukan oleh Suharto selaku Sekretaris dan Bendahara Keuangan  KPU Provinsi Jawa Timur. Suharto atau yang akrab di sapa Totok memberi arahan tentang dana hibah yang sudah di transfer kepada KPU Kab Kediri.

"kita semua punya tupoksi masing-masing, harus saling mendukung, karena seluruh pengelola keuangan diawasi oleh banyak pihak. penambahan dana banyak dipergunakan di belanja pengadaan APD dan penambahan TPS. dua kegiatana tambahan itu bersumber dari dana APBN" uangkap Totok dalam materi bimtek, Selasa (21/07/2020)

Dalam kesempatan lain Yuniarto Bani Syahriadi Bendahara Pengeluaran KPU Provinsi Jawa Timur menjelaskan mekanisme secara teknis alur pertanggungjawaban, batas penyelesaian pertanggungjawaban serta sanksi pengelolaan anggaran Badan Adhoc.

Terakhir, nantinya badan adhoc akan ada pelatihan pengspjan. Diharapkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri nantinya sukses secara teknis maupun keuangan. (hupmas/ nv)