KPU Kabupaten Kediri adakan Rapat Koordinasi Tahapan Pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2020

KPU Kabupaten Kediri adakan Rapat Koordinasi Tahapan Pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2020
KPU Kabupaten Kediri adakan Rapat Koordinasi Tahapan Pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2020

Reporter : Adminkpu

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Persiapan Pendaftaran Calon, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri gelar Rapat Koordinasi Tahapan Pencalonan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020 Jumat (24 Juli 2020).

Bertempat di Hotel Lotus Kediri Rapat Koordinasi dihadiri oleh Forkopimda, Instansi Terkait, Bawaslu, Pimpinan Partai Politik dan Organisasi Masyarakat NU, Muhammdyah, APDKD, acara dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi.

"saya berharap dengan adanya rapat koordinasi ini partai politik lebih siap dan lebih menyiapkan pasangan calon" Ungkap Ketua KPU Kabupaten Kediri Jumat (24 Juli 2020)

Dalam sambutannya Ninik juga menyampaikan bahwa pemilihan serentak lanjutan ini meskipun berat dikarenakan adanya bencana non-alam covid-19 namun harus tetap dilakukan.

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada Stakeholder baik Pimpinan Parpol maupun organisasi masyarakat tentang tahapan pencalonan. Anwar Ansori Komisioner Divisi Teknis memberikan materi tentang tahapan jadwal pencalonan dari pendaftaran hingga penetapan calon. Anwar menghimbau agar partai politik mentaati jadwal yang sudah di tetapkan dalam PKPU No 5 Tahun 2020.

"untuk kelengkapan berkas calon yang memekan waktu lama, saya berharap dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, jangan menunggu hingga detik-detik terakhir" Ungkap Anwar Anshori

Selain Anwar Anshori, Pemateri kedua diisi oleh Insan Qoriawan Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur Divisi Teknis Penyelenggaraan. Jika Anwar menjelasan tentang tahapan dan jadwal pencalonan dalam hal ini Insan menjelaskan secara detail tentang mekanisme pencalonan. terutama point tentang pendaftaran pencalonan.

"hanya ada 2 cara untuk mencalonkan sebagai Bupati, yang pertama adalah melalui jalur Bakal Pasangan Calon yang siusulkan dari Parpol/gabungan, dan yang kedua melalui Perseorangan" Ungkap Insan

Insan juga menjelaskan tentang ketentuan pendaftaran bagi Paslon yang diusulkan oleh Parpol/gabungan salah satunya adalah apabila telah mendaftarkan Bakal pasangan Calon kepada KPU Provinsi/KIP Aceh atau KPU/KIP Kabupaten/Kota maka tidak dapat menarik dukunganya sejak pendaftaran.

Terakhir, kegiatan ini ditutup dengan sesi diskusi dengan 2 termin penanya. (hupmas/nv)