KPU Kabupaten Kediri Beri Akreditasi 2 Lembaga Pemantau Pemilihan Serentak 2020

KPU Kabupaten Kediri Beri Akreditasi 2 Lembaga Pemantau Pemilihan Serentak 2020
KPU Kabupaten Kediri Beri Akreditasi 2 Lembaga Pemantau Pemilihan Serentak 2020

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – KPU Kabupaten Kediri telah memberikan akreditasi pada lembaga pemantau Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dalam Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020. Akreditasi tersebut diberikan kepada dua lembaga pemantau di Kabupaten Kediri.

Komisioner Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas, Nanang Qosim mengungkapkan bahwa KPU Kabupaten Kediri telah mengakreditasi dua lembaga pemantau Pemilihan Dalam Negeri yang telah mendaftar dan memenuhi persyaratan kelengkapan administrasi.

“Dua lembaga pemantau yang telah diakreditasi KPU Kabupaten Kediri adalah FORSIS dan JPPR,” ungkap Nanang Qosim, Kamis (24/09/2020).

Nanang menjelaskan bahwa akreditasi lembaga pemantau tersebut, Forum Silturahmi Santri (FORSIS) dan Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR), dilakukan usai KPU Kabupaten Kediri memverifikasi berkas persyaratan pendaftaran yang telah lengkap.

“Keduanya dinyatakan memenuhi syarat kemudian diberi tanda terdaftar sebagai lembaga Pemantauan Pemilihan serta mendapatkan sertifikat akreditasi dari KPU Kabupaten Kediri,” jelasnya.

Selanjutnya, tambah Nanang, menjadi kewajiban KPU Kabupaten Kediri menyampaikan nama dan jumlah pemantau, alokasi anggota pemantau yang akan ditempatkan ke daerah, berikut rencana dan jadwal kegiatan pemantauan serta daerah yang akan dipantau kepada Bawaslu Kabupaten Kediri.

“Setelah diberikan akreditasi, maka lembaga pemantau tersebut berhak melakukan pemantauan jalannya proses Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020. Namun sebelum melaksanakan pemantauan wajib melapor kepada Kepolisian setempat yang membawahi wilayah hukum daerah yang dipantau,” terangnya.

KPU Kabupaten Kediri masih membuka pendaftaran lembaga pemantau hingga 2 Desember 2020 untuk Pemantau dalam Negeri, sedangkan untuk Pemantau Asing, dan lembaga survei atau jajak pendapat serta hitung cepat pada 8 November 2020. (hupmas/ lyn)