KPU Kabupaten Kediri Gelar Bimtek Pembentukan KPPS PILBUP 2020

KPU Kabupaten Kediri Gelar Bimtek Pembentukan KPPS PILBUP 2020
KPU Kabupaten Kediri Gelar Bimtek Pembentukan KPPS PILBUP 2020

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar acara bimbingan teknis (bimtek) Pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020, Kamis (01/10/2020).

Sekira pukul 09.30 WIB, bertempat di Gedung Bhagawanta Bhari bimtek dilaksanakan dengan peserta Ketua dan Anggota Divisi Sosdillih, SDM dan Parmas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Kediri. Acara dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi, anggota Divisi Hukum dan Pengawasan Agus Hariono, Divisi Sosdiklih, SDM dan  Parmas Nanang Qosim serta Sekretaris Bekti Rochani.

Acara dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi. Dalam sambutannya ia menyampaikan pentingnya acara bimtek ini diadakan untuk memberikan pedoman dalam pembentukan KPPS.

“Pembentukan KPPS dimulai 1 Oktober hingga  23 November 2020, kita harus memahami teknis perekrutannya, di  mana pemilihan pada masa pandemi ini menjadi kewajiban untuk dilakukan rapid test bagi calon anggota KPPS,” ungkap Ninik Sunarmi.

Ninik juga berpesan agar penyelenggara di tingkat kecamatan dan desa selalu mematuhi protokol kesehatan selama melaksanakan tugas.

“Jangan lupa selalu jaga kesehatan, gunakan terus protokol kesehatan, perbanyak istirahat dan jangan begadang jika tidak penting,” pesannya

Acara kemudian dilanjutkan dengan paparan materi mengenai Pembentukan KPPS oleh Komisioner Divisi Sosdiklih, SDM dan  Parmas Nanang Qosim.

“Sesuai PKPU 5 Tahun 2020 tentang Jadwal Tahapan dan Program, waktu pembentukan KPPS selama 54 hari, dimulai pada 1 Oktober sampai dengan 23 November 2020. Sedangkan masa kerja 24 November sampai dengan 23 Desember 2020,” ujar Nanang Qosim.

Nanang menjelaskan bahwa perekrutan KPPS adalah kewenangan KPU, namun pelaksanaannya melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS). KPU mengumumkan  pendaftaran KPPS melalui laman/ situs resmi, media sosial, papan pengumuman di kantor KPU, Kecamatan, Kelurahan/Desa dan  tempat yang mudah dijangkau atau diakses  publik selama 6 (enam) Hari.

“Kemudian PPS menerima berkas pendaftaran selama 7 hari setelah pengumuman  pendaftaran berakhir,” jelasnya.

Penyampaian dokumen  persyaratan calon anggota KPPS tersebut dalam bentuk salinan naskah elektronik melalui  Media Daring dan naskah asli yang dilakukan  dengan memperhatikan Protokol Kesehatan  pencegahan dan pengendalian Covid 19. (hupmas/ lyn)