KPU Kabupaten Kediri Gelar Bimtek Persiapan Penetapan dan Pelantikan KPPS PILBUP 2020

KPU Kabupaten Kediri Gelar Bimtek Persiapan Penetapan dan Pelantikan KPPS PILBUP 2020
KPU Kabupaten Kediri Gelar Bimtek Persiapan Penetapan dan Pelantikan KPPS PILBUP 2020

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri,  kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri Bimbingan Teknis Persiapan Penetapan dan Pelantikan KPPS dan Petugas Ketertiban TPS dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri tahun 2020, Rabu (04/11/2020).

Bertempat di RM Marwah Kecamatan Gurah, acara bimtek diikuti oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas serta Divisi Hukum dan Pengawasan. Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan Agus Hariono, Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas Nanang Qosim beserta jajaran sekretariat KPU Kabupaten Kediri. Hadir sebagai tamu undangan Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri Saidatul Ummah.

Acara dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Kediri diwakili Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan Agus Hariono. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa Penetapan KPPS dan Petugas Ketertiban harus memperhatikan aturan-aturan yang berlaku.

“Kami minta rekan-rekan PPK memperhatikan produk hukum yang akan dibuat dalam penetapan KPPS dan Petugas Ketertiban, yang mana akan dibuat tiga model SK yaitu SK Penetapan KPPS, SK Penetapan Ketua KPPS, dan SK Penetapan Petugas Ketertiban,” ujar Agus Hariono.

Dalam kesempatam tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri, Saidatul Ummah mengungkapkan bahwa Bawaslu dan KPU adalah sama-sama penyelenggara dalam Pemilihan ini, hanya berbeda pada tupoksinya. Ia berharap hubungan baik bisa disinergikan di jajaran bawah, apalagi hari ini tahapannya hampir bersamaan dalam rekrutmen KPPS oleh KPU dan rekrutmen PTPS oleh jajaran Bawaslu.

“Perlu ada sinergi dan komunikasi yang baik antara jajaran penyelenggara KPPS dan PTPS agar segala permasalahan yang ada di TPS bisa diselesaikan di tempat tanpa harus dibawa ke jenjang lebih atas. Dan hal ini bisa dilakukan jika proses Bimtek kepada KPPS maupun PTPS benar-benar bisa dipahami,” tutur Siadatul Ummah.

Dalam bimtek tersebut disampaikan paparan materi oleh Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas Nanang Qosim selaku yang membidangi membahas tentang Pembentukan KPPS pada TPS Lapas, Pembentukan Petugas Ketertiban/ Linmas TPS (masa kerja petugas ketertiban sama dengan masa tugas KPPS), Penetapan KPPS dan Petugas Ketertiban TPS, Pelantikan Ketua KPPS, Pemeriksaan Rapid test dan mekanisme Pergantian Antar Waktu KPPS dan Petugas Ketertiban TPS. Dilanjutkan materi tentang Persiapan pembentukan produk Hukum Penetapan KPPS dan Petugas Ketertiban TPS oleh Divisi Hukum dan Pengawasan. (hupmas/ lyn)