KPU Kabupaten Kediri Gelar Debat Publik Pertama PILBUP 2020

KPU Kabupaten Kediri Gelar Debat Publik Pertama PILBUP 2020
Foto : Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi saat sambutan dalam debat Publik Pertama, Selasa (03/11/2020) malam.
KPU Kabupaten Kediri Gelar Debat Publik Pertama PILBUP 2020

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri,  kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar Debat Publik Pertama untuk Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020, Selasa (03/11/2020) malam. Dalam debat itu, pasangan calon tunggal yakni Hanindhito Himawan Pramana dan Dewi Mariya Ulfa, hanya berhadapan dengan para panelis.

Digelar pukul 19.00 WIB, di Gedung Bhagawanta Bhari Jl. Pamenang No.1, Katang, Sukorejo, Kecamatan Ngasem, debat hanya dihadiri oleh Komisioner KPU dan Sekretaris KPU Kabupaten Kediri, Bawaslu Kabupaten Kediri, Pasangan Calon, Tim Kampanye dan LO Pasangan Calon serta Tim Panelis.

Acara dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi. Dalam sambutannya mengatakan, debat publik ini merupakan salah satu metode kampanye dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 sesuai dengan PKPU 4 Tahun 2017 dan perubahannya PKPU 11 Tahun 2020.

“Namun demikian, karena pemilihan ini dimasa pandemi, maka harus mengikuti sesuai dengan protokol Kesehatan sebagai implementasi dari PKPU 6 tahun 2020 dan perubahannya PKPU 10 dan 13 Tahun 2020, ” katanya.

Lebih lanjut Ninik Sunarmi menambahkan, pada dasarnya KPU Kabupaten Kediri secara prinsip siap melaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri Tahun 2020 pada tanggal 9 Desember mendatang. 

“Kami berharap kepada semua masyarakat yang memiliki hak pilih ikut menyukseskan PILBUP Kediri dengan datang ke TPS menggunakan hak pilihnya. Izinkan saya menyampaikan pantun, Tuku Kopi Nyang Karang Kates, Masio Pandemi Pilkada Kudu Sukses,” ujarnya.

Debat akan dilaksanakan dalam empat segmen. Segmen satu, paslon memaparkan visi misi serta program kerja. Kedua, panelis memberikan pertanyaan atas paparan visi misi serta program kerja paslon. Ketiga paslon membuka dan menjawab amplop pertanyaan yang telah dibuat oleh panelis kemudian panelis memberikan tanggapan. Keempat, pendalaman materi pertanyaan dari panelis ke paslon.

Hadir sebagai panelis yang menguji visi misi Paslon, yakni Dr. Ahmad Subakir M.Ag, Akademisi (Pembantu Rektor 1 IAIN Kediri), Tauhid Wijaya, S.Ag, M. Pd.I Praktisi (Direktur Jawa Pos Group), Abdul Kodir, M. Sosio, Akademisi (Dosen Universitas Negri Malang), Dr. Solihul Huda, akademisi (Dosen Unmuh Surabaya), dan M.Fil dan Nu’man Iskandar akademisi (Dosen). 

Debat berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan pengendalian penyebaran Covid-19 yang ketat dan disiarkan secara Live oleh empat stasiun televisi, JTV, KSTV, MaduTV dan DhohoTV. (hupmas/ lyn)