KPU Kabupaten Kediri Gelar Pleno Pencermatan Anggaran Pilbub Protokol Covid-19

KPU Kabupaten Kediri Gelar Pleno Pencermatan Anggaran Pilbub Protokol Covid-19

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar rapat pleno dalam rangka Pencermatan Anggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020, Minggu (31/05/2020).

Minggu siang, bertempat di ruang media center KPU Kabupaten Kediri dilaksanakan rapat pleno jajaran pimpinan Komisioner dan Sekretariat. Rapat pleno tersebut dalam rangka Pencermatan Anggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 yang akan dilaksanakan dalam suasana pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Komisioner KPU Kabupaten Kediri, Nanang Qosim, megungkapkan bahwa dengan telah dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2020, maka KPU harus menyiapkan pedoman teknis baru dalam penyelenggaraan Pilkada yang sedianya akan digelar dalam suasana pandemi.

“Sebagaimana petunjuk dari KPU RI bahwa KPU Provinsi dan Kabupaten/ Kota yang tahun ini menyelenggarakan Pilkada Serentak harus menyiapkan kebutuhan penambahan anggaran agar penyelenggaraan pilkada dilaksanakan dengan protokol Covid-19,” ungkap Nanang Qosim, Komisioner KPU Kabupaten Kediri, Minggu (31/05/2020).

Nanang menjelaskan bahwa penambahan anggaran di Masa Pandemi harus disusun sesuai versi Ideal KPU RI. Dimana dibutuhkan penyiapan alat dan kebutuhan tambahan mengikuti protokol Covid-19.

“Dimana dalam pelaksanaan penyelenggaraan Pilkada Serentak nanti akan menggunakan masker, dimungkinkan juga beberapa APD seperti Hazmat (baju pelindung, red), sarung tangan, pelindung wajah, tong air, Hand Sanitizer, Tissue, Cairan Disenfektan dan sebagainya,” terangnya. (hupmas/ lyn)