KPU Kabupaten Kediri Gelar Rakor Persiapan Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan 

KPU Kabupaten Kediri Gelar Rakor Persiapan Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan 
Foto : Ketua KPU Kabupaten Kediri saat sambutan acara Rakor Persiapan Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan, Kamis (10/12/2020).

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar rapat koordinasi (rakor) Persiapan Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri Tahun 2020, Kamis (10/12/2020).

Sekira pukul 14.00 WIB, bertempat di media center KPU Kabupaten Kediri dilaksanakan rakor mengundang Ketua dan anggota Divisi Teknis Penyelenggaraan PPK se-Kabupaten Kediri. Rakor tersebut dihadiri oleh Ketua dan Anggota Komisioner lengkap KPU Kabupaten Kediri. Acara dibuka oleh Ninik Sunarmi, Ketua KPU Kabupaten Kediri.

Dalam sambutannya, Ninik Sunarmi menyampaikan bahwa hingga hari ini, tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri hampir selesai, KPU dan penyelenggara di tingkat kecamatan hingga desa telah bekerja keras untuk menyukseskan digelarnya tahapan puncak PILBUP, yakni Pemungutan dan Penghitungan Suara.

“Khususnya kepada Divisi Teknis, sudah rela bergelut dengan sirekap bermalam-malam, menyelesaikan sinkronisasi sampai menyelesaikan dengan baik uploading sirekap ini. Selanjutnya KPU akan menjadwal waktu untuk menyinkronkan dengan data di tingkat kecamatan,” ungkap Ninik Sunarmi.

Ninik mengungkapkan, meskipun pemilihan tahun ini dilaksanakan di masa pandemi dan juga dengan satu pasangan calon tidak sampai menyusutkan  parmas (partisipasi masyarakat) dalam menggunakan hak pilihnya di TPS (tempat Pemungutan Suara). 

“Malahan parmas kali ini naik dari pemilihan bupati dan wakil bupati tahun sebelumnya (2015). Sekali lagi terima kasih sebanyak-banyaknya sudah bekerja keras terkait sirekap dan parmas untuk kesuksesan PILBUP 2020,” ungkapnya.

Sebelum rakor mulai, acara diawali dengan penyampaian arahan dari masing-masing Komisioner Divisi. Dimulai dari Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Eka Wisnu Wardhana, dilanjutkan Komisioner Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas Nanang Qosim serta diakhiri oleh Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan Agus Hariono. 

Dalam hal rekapitulasi suara PILBUP 2020, dijadwalkan sesuai PKPU Nomor 5 Tahun 2020, dimulai dari Penyampaian hasil penghitungan suara di TPS oleh PPS kepada PPK pada 9 Desember 2020 hingga 11 Desember 2020, Rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kecamatan oleh PPK pada 10 Desember 2020 hingga 14 Desember 2020. Dilanjutkan dengan Penyampaian rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Kecamatan kepada KPU Kabupaten/ Kota pada 10 Desember 2020 hingga 16 Desember 2020, Rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat kabupaten/kota pada  13 Desember 2020 hingga 17 Desember 2020. (hupmas/ lyn)