KPU Kabupaten Kediri Gelar Rapat Evaluasi Pemetaan TPS dan Persiapan SIDALIH

KPU Kabupaten Kediri Gelar Rapat Evaluasi Pemetaan TPS dan Persiapan SIDALIH

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar rapat Evaluasi Pemetaan TPS dan persiapan optimalisasi Sistem Data Pemilih (SIDALIH) dalam Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020, Senin (22/06/2020).

Sekira pukul 13.00 WIB, KPU Kabupaten Kediri menggelar rapat evaluasi secara terbatas dan daring untuk Divisi Perencanaan Data dan Informasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Kediri. Rapat evaluasi tersebut dipimpin langsung oleh Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Kediri, Eka Wisnu Wardhana dibantu Operator SIDALIH, Muhammad Fuad Efendi.

Hadir membuka acara, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan mewakili Ketua KPU Kabupaten Kediri, Anwar Ansori. Ia menyampaikan bahwa Divisi Perencanaan Data dan Informasi (Rendatin, red) PPK harus mampu bekerja secara teliti dan cermat.

“Divisi Rendatin harus mampu belajar secara cepat sehingga dapat menghasilkan daftar pemilih yang berkualitas,” kata Anwar Ansori, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan mewakili Ketua KPU Kabupaten Kediri, Senin (22/06/2020).

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kabupaten Kediri, Sukari, yang juga menghadiri rapat evaluasi tersebut dalam sambutannya mengingatkan tentang aturan pembatasan maksimum jumlah pemilih di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Sebagaimana aturan saat ini, mengikuti protokol kesehatan, batas maksimum pemilih per TPS adalah 500 orang, akan menjadi sebuah pelanggaran jika jumlah pemilih di suatu TPS lebih dari 500 orang,” tutur Sukari, Komisioner Bawaslu Kabupaten Kediri.

Untuk diketahui, bahwa seiring dengan diterbitkannya peraturan baru, jumlah TPS dalam Pemilihan Serentak Lanjutan 2020 ini bertambah. Jumlah TPS yang semula hanya 2.610 TPS dengan kapasitas menampung pemilih hingga 800 orang, hari ini dibatasi hanya 500 orang dan mengakibatkan penambahan TPS sebanyak 701 TPS. Sehingga jumlah TPS akhirnya menjadi 3.311 TPS. (hupmas/ lyn).