KPU Kabupaten Kediri Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPSHP dan Penetapan DPT PILBUP 2020

KPU Kabupaten Kediri Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPSHP dan Penetapan DPT PILBUP 2020
Foto : Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020, Jum’at (16/10/2020).

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri  menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020 , Jum’at (16/10/2020).

Sekira pukul 13.00 WIB,bertempat di Hotel BUkit Daun, rapat pleno terbuka dihadiri ketua KPU Kabupaten Kediri dan seluruh anggota, Sekretaris dan jajaran Sekretariat KPU Kabupaten Kediri. Rapat tersebut mengundang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Bawaslu Kabupaten Kediri, Timses Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kediri, Dispendukcapil, dan Bakesbangpol. Hadir pula pada rapat tersebut anggota Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur sebagai supervisi dan anggota Komisioner KPU Kota Kediri.

Acara dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa Penetapan DPT tersebut sesuai jadwal tahapan ini merupakan jerih payah seluruh elemen,baik Divisi Perencanaan Data dan Informasi maupun PPK Divisi se-Kabupaten Kediri.

"Semua ini tentu tidak lepas dari jerih payah teman-teman Divisi Data (Perencanaan Data dan Informasi), saya sampaikan terima kasih sehingga Penetapan DPT ini bisa selesai pada jadwalnya,"ucap Ninik Sunarmi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pleno terbuka yang dipimpin oleh Eka Wisnu Wardana selaku yang membidangi Divisi Perencanaan Data dan Informasi. Setelah seluruh kecamatanmembacakan hasil Rekapitulasi, diketahui bahwa Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri tahun 2020 sebanyak 1.231.512 pemilih.

Jumlah tersebut terdiri 26 kecamatan, 344 desa dan kelurahan, TPS sebanyak 3.311, jumlah pemilih laki-laki 617.712 dan jumlah pemilihan perempuan 613.800.

Diakhir rapat, Komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Eka Wisnu Wardhana mengungkapkan, data tersebut muncul setelah KPU Kabupaten Kediri melakukan pemutakhiran data. Jika dibandingkan dari daftar pemilih sementara (DPS), ada 1.000 lebih nama yang dicoret.

“Selama penyusunan daftar pemilih, selain menerima saran perbaikan dari Bawaslu Kabupaten Kediri, kami juga melakukan self assessment,” ungkap Wisnu.

Sebelumnya, pada proses pemutakhiran data pemilih, jumlah daftar pemilih mencapai angka 1.308.864 orang yang tersebar di 26 kecamatan. Namun, selama masa pemutakhiran atau pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan oleh petugas LPDP mulai 15 Juli sampai 13 Agustus lalu, akhirnya diperoleh 1.234.918 nama yang masuk DPS.  

Wisnu juga menjelaskan, pada daftar pemilih tetap ini ada pengurangan sekitar 5000 pemilih, dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang ditetapkan sebulan lalu.

Pengurangan jumlah pemilih tersebut dikarenakan ada pemilih yang meninggal dunia, dan ada pula yang pindah domisili. Suatu misal, dulu berdomisili di kecamatan A, karena menikah sehingga pindah ke kecamatan B.

“Bagi Pemilih yang belum masuk di daftar pemilih tetap (DPT), nanti kita akan fasilitasi di daftar pemilih tambahan. Pemilih bisa dengan menggunakan KTP elektronik,” jelasnya.

Acara rapat pleno terbuka berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan. Acara berakhir pukul 16.00 WIB.

Untuk Berita Acara Hasil Rekapitulasi DPSHP dan Penetapan DPT tingkat KPU Kabupaten Kediri dapat diunduh pada link berikut:

Download Berita Acara DPT

(hupmas/lyn)