KPU Kabupaten Kediri Hadiri Kunjungan Komisi II DPR RI di Jatim

KPU Kabupaten Kediri Hadiri Kunjungan Komisi II DPR RI di Jatim
Foto : Kunjungan Kerja Komisi II DPR RI dalam Reses Persidangan III Tahun 2020-2021, Senin (15/02/2021). 

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Surabaya, kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menghadiri kunjungan kerja reses persidangan III tahun 2020-2021 Komisi II DPR RI, Senin (15/02/2021). 

Bertempat di kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan Nomor 110 Surabaya, Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi menghadiri kunjungan kerja reses persidangan III tahun 2020-2021 Komisi II DPR RI. Dalam kunjungan tersebut, Komisi II DPR RI memberikan apresiasi atas suksesnya penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 di Jawa Timur. 

Anggota Komisi II, Djarot Saiful Hidayat menyampaikan terima kasih atas kerja keras KPU, Bawaslu, Pemprov, TNI/ Polri serta stakeholder lainnya di Jawa Timur dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020.

“Komisi II menyampaikan apresiasi kepada KPU dan seluruh stakeholder terkait yang telah melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah secara administratif prosedural, dan berjalan lancar serta sukses,” kata Djarot Saiful Hidayat, Anggota Komisi II, Senin (15/02/2021).

Pada kesempatan ini, menurut Djarot, Komisi II akan meminta laporan mengenai penyelenggaraan serta kendala dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 di Jawa Timur kepada KPU Jatim dan Bawaslu Jatim.

“Apa saja kendala yang dihadapi selama Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 silahkan disampaikan. Ini bisa menjadi bahan masukan bagi Kami di Komisi II DPR RI,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Jatim, Choirul Anam dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah di Jawa Timur relatif berjalan dengan lancar, aman dan kondusif.

“Baik secara teknis penyelenggaraan maupun penerapan protokol kesehatan. Pemilihan Kepala Daerah di Jawa Timur juga tidak memunculkan cluster penyebaran Covid-19,” tutur Anam saat menyampaikan laporan.

Anam juga memaparkan jika dalam proses pengadaan dan distribusi logistik pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 di Jawa Timur berjalan tanpa hambatan, semua logistik terdistribusi sesuai dengan jadwal dan tahapan termasuk di daerah kepulauan.

“Sedangkan untuk angka partisipasi masyarakat di Jawa Timur cukup tinggi, yakni sebesar 71,13%. Atau ada kenaikan sebesar 7,18% bila dibandingkan dengan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2015, yang tingkat partisipasi masyarakatnya sebesar 63.95%,” paparnya.

Turut hadir dalam kunjungan kerja Komisi II DPR RI ini diantaranya Kapusdatin Setjen KPU RI, Sumariyandono, Sekretaris Daerah Pemrov Jatim, Kepala Kepegawaian Daerah Jatim, Bawaslu Jatim dan Ketua dari 19 KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur. (hupmas/ lyn)