KPU Kabupaten Kediri Hadiri Launching Eduwisata Pemilu dan Demokrasi RPP Nasional Jatim Park 1 di Kota Batu

KPU Kabupaten Kediri Hadiri Launching Eduwisata Pemilu dan Demokrasi RPP Nasional Jatim Park 1 di Kota Batu
KPU Kabupaten Kediri Hadiri Launching Eduwisata Pemilu dan Demokrasi RPP Nasional Jatim Park 1 di Kota Batu

Batu, kpu-kedirikab.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menghadiri acara launching Rumah Pintar Pemilu (RPP) Nasional di Jatim Park 1 Batu, Jum'at (24/01/2020). RPP tersebut merupakan RPP KPU RI kedua yang dihadirkan di tempat wisata.

Sekira pukul 14.30 WIB, Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi beserta anggota Divisi SDM dan Parmas Nanang Qosim menghadiri peresmian RPP Nasional KPU RI di kawasan wisata Jatim Park 1, Batu. RPP tersebut diresmikan langsung oleh Ketua KPU RI Arief Budiman, dihadiri oleh Ketua dan anggota KPU Provinsi Jawa Timur serta Ketua dan anggota KPU Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur.

Ketua KPU RI, Arief Budiman menjelaskan bahwa RPP nasional tersebut mengkolaborasikan konsep pendidikan dan wisata. Ia merupakan RPP Nasional kedua setelah RPP Nasional yang sebelumnya telah diresmikan di Taman Pintar Pemilu, Kota Yogyakarta. Program RPP sendiri telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari proses sosialisasi dan pendidikan pemilih bagi masyarakat diIndonesia.

"Eksistensi rumah pintar pemilu adalah bukti komitmen lembaga untuk meningkatkan kualitas pemilih sebagai aktor utama dalam demokrasi. Tidak ada pemilu tanpa pemilih dan tidak akan pernah hadir pemilu berkualitas tanpa pemilih yang cerdas. Membangun dan menumbuhkan pemilih yang cerdas, mandiri dan rasional membutuhkan penanganan yang sistematis, komprehensif dan berkelanjutan. Rumah Pintar Pemilu Nasional hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut," ujar Arief Budiman, Ketua KPU RI, Jum'at (24/01/2020).

Arief berharap dengan hadirnya RPP Nasional bertema "Wisata Demokrasi dan Pemilu", diharapkan wisatawan yang datang ke Jatim Park 1 tidak hanya sekadar bertamasya tapi juga mendapatkan pemahaman, Pendidikan pemilu dan demokrasi (eduwisata). 

"Dengan upaya yang dilakukan oleh KPU ini ke depan diharapkan makin banyak masyarakat yang paham akan pentingnya menjaga hak konstitusional, dan menggunakan suaranya di pemilu maupun pemilihan," tuturnya.

Selain program RPP Nasional, KPU saat ini juga telah mengembangkan RPP digital melalui proyek percontohan (pilot project) program e-RPP di 10 KPU Provinsi yakni Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, NTB, Bali, Kalimantan Barat dan Sulawesi Selatan. (parmas/ lyn)