KPU Kabupaten Kediri Ikuti Bimtek Tahapan Pencalonan Pemilihan Serentak Lanjutan 2020

KPU Kabupaten Kediri Ikuti Bimtek Tahapan Pencalonan Pemilihan Serentak Lanjutan 2020

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Surabaya, kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti acara bimbingan teknis (bimtek) pencalonan Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020, Kamis sampai Jumat, 13-14 Agustus 2020.

Dilaksanakan di Aula KPU Provinsi Jawa Timur, bimtek dibuka oleh Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur, bimtek diikuti oleh Ketua, Divisi Teknis dan Kepala Sub Bagian Teknis dan Hupmas 19 KPU Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur yang melaksanakan Pemilihan Serentak lanjutan 2020. 

Ketua Panitia Kegiatan, Yulyani Dewi, yang juga Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas KPU Jawa Timur menerangkan bahwa bimtek dilaksanakan guna menyamakan persepsi serta pemantapan pemahaman terkait PKPU Pencalonan Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020.

“Ditargetkan setelah mengikuti Bimtek ini, 95% peserta dapat menyerap materi dan memahami tahapan serta proses Pencalonan dengan baik. Sehingga dapat terwujud suksesnya Pemilihan Serentak 2020 dan melahirkan Kepala Daerah yang legitimate,” terang Yulyani Dewi, Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas KPU Jawa Timur, Kamis (13/08/2020).

Selanjutnya bimtek dibuka oleh Komisioner KPU Jawa Timur, Gogot Cahyo Baskoro mewakili Ketua KPU Jawa Timur. Dalam kesempatan tersebut Gogot Cahyo Baskoro yang juga Divisi Sosdiklih dan Parmas menyampaikan bahwa tahapan pencalonan adalah tahapan yang krusial, untuk itu perlu kecermatan dengan berdasarkan aturan perundangan.

“Pada tahapan Pencalonan Kawan-kawan hati-hati, cermat dan teliti. Karena pada tahapan ini rentan dengan gangguan. Dimasa Pencalonan Kita akan banyak bersinggungan dengan pihak-pihak eksternal, dan sangat memungkin akan banyak gangguan yang mencoba mempengaruhi kebijakan KPU. Untuk itu kita harus terus berpegang teguh pada aturan,” ujar Gogot Cahyo Baskoro, Divisi Sosdiklih dan Parmas saat membuka bimtek Kamis (13/08/2020).

Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan arahan Deputi Bidang Dukungan Teknis KPU RI, Muhammad Eberta Kawima dan Anggota KPU Jatim, lalu pemaparan materi Pencalonan Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020 oleh Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim, Insan Qoriawan, serta sesi diskusi. (hupmas/ lyn)