KPU Kabupaten Kediri Ikuti Rakor Penguatan PPID KPU se-Jawa Timur

KPU Kabupaten Kediri Ikuti Rakor Penguatan PPID KPU se-Jawa Timur

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri,  kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti acara rapat koordinasi (rakor) Penguatan Pejabat Pelayanan Infomasi dan Dokumentasi (PPID) KPU Kabupaten/ Kota yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur, Kamis hingga Jum’at, 26-27 November 2020.

Bertempat di Ladang Anggrek Kabupaten Mojokerto, acara dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Choirul Anam. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa PPID adalah bagian yang tidak terpisahkan dengan lembaga KPU terkait penyelenggaraan pemilu yang melibatkan seluruh masyarakat seluruh Indonesia.

“PPID ini merupakan pintu KPU, itu merupakan gerbang pelayanan informasi publik KPU kepada masyarakat sebagai upaya membangun KPU RI berintegritas terhadap keterbukaan  informasi,” ungkap Choirul Anam, Kamis (26/11/2020).

Sementara itu, Komisioner Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Provinsi Jawa Timur, Gogot Cahyo Baskoro menjelaskan bahwa sesuai Pasal 3 Undang-Undang No 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum, salah satu asas penyelenggaraan Pemilu adalah Transparan.

"Transparan artinya KPU membuka akses informasi terbuka kepada masyarakat terhadap dokumen pemilihan," jelasnya.

Selain itu, Gogot menambahkan, sesuai Peraturan KPU No 8 Tahun 2019 Tentang Tata Kerja KPU, juga menjaga asas akuntabel, artinya bekerja penuh tanggung jawab dan kinerja dapat dipertanggungjawabkan.

"Melalui PPID, kewajiban KPU menyampaikan semua informasi penyelenggaraan Pemilu dengan mengoptimalkan pemanfaatan kemajuan teknologi informasi dalam penyelenggaraan Pemilu," tuturnya. (Hupmas/ lyn)