KPU Kabupaten Kediri Ikuti Webinar Sosialisasi Ketentuan Debat Publik dan Iklan Kampanye 2020

KPU Kabupaten Kediri Ikuti Webinar Sosialisasi Ketentuan Debat Publik dan Iklan Kampanye 2020
Foto : Komisioner Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas Nanang Qosim dan Kasubag Tekmas Wahyudi Kristiono mengikuti sosialsiasi melalui zoom meeting, Sabtu (07/11/2020).
KPU Kabupaten Kediri Ikuti Webinar Sosialisasi Ketentuan Debat Publik dan Iklan Kampanye 2020

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri,  kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti webinar Sosialisasi Ketentuan Debat Publik dan Iklan Kampanye dalam Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020, Jum’at (06/11/2020).

Dimulai pukul 09.00 WIB, sosialisasi melalui media daring (webinar) digelar KPU RI lewat zoom meeting. Sosialissi diikuti oleh KPU Provinsi, KPU Kabupaten/ Kota penyelenggara Pemilihan Serentak 2020, Bawaslu, akademisi, media dan lembaga pemantau.

Dalam sosialisasi tersebut, Komisioner KPU I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi menyampaikan ketentuan debat publik diatur dalam Keputusan KPU Nomor 487/PL.02.4-Kpt/06/KPU/X/2020 Tentang Revisi Pedoman Teknis Pelaksanaan Kampanye Pilkada 2020. Durasi debat disesuaikan dengan jumlah kandidat.

“KPU telah mengatur durasi debat publik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 dalam dua bentuk, yakni 120 menit dan 150 menit,” ungkap I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Komisioner KPU RI, Jum’at (06/11/2020).

Dewa menuturkan durasi 120 menit berlaku jika jumlah peserta debat dua atau tiga pasangan calon (paslon). Durasi penyampaian materi dan pendalaman oleh panelis selama 90 menit. Sisa durasi digunakan untuk jeda iklan.

"Ada 30 menit untuk iklan layanan masyarakat terkait sosialisasi pilkada yang itu disiapkan oleh KPU," terangnya.

Dewa juga menjelaskan, Debat Publik untuk 1 (satu) Pasangan Calon dilaksanakan dalam bentuk pemaparan visi dan misi Pasangan Calon yang dipandu oleh moderator dan dilakukan pendalaman materi oleh panelis.

“Mekanisme penyelenggaraan Debat Publik untuk satu paslon ditetapkan dengan Keputusan KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota setelah berkoordinasi dengan Pasangan Calon dan/atau tim Kampanye,” jelasnya.

Webinar tersebut berjalan lancar dan berakhir pukul 11.30 WIB. (hupmas/ lyn)