KPU Kabupaten Kediri Mulai Terima dan Amankan Logistik PILBUP 2020

KPU Kabupaten Kediri Mulai Terima dan Amankan Logistik PILBUP 2020

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri,  kpu-kedirikab.go.id – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Lanjutan Tahun 2020 sudah semakin dekat, satu demi satu logistik yang akan digunakan dalam penyelenggaraan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri Tahun 2020 mulai berdatangan.

Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi mengungkapkan bahwa beberapa logistik yang akan digunakan dalam penyelenggaraan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri Tahun 2020 sudah diterima oleh KPU Kabupaten Kediri.

“Logistik datang secara bertahap, sampai hari ini, yang sudah diterima dan diamankan dalam gudang penyimpanan ada kotak suara, tinta, desinfektan, handsoap, Handsanitizer, dan sprayer, Tisu masih dalam perjalanan,” ungkap Ninik Sunarmi, Sabtu (14/11/2020).

Ninik mengungkapkan, berdasarkan Pasal 4 dan Pasal 5  PKPU Nomor  7 Tahun 2020, logistik pemilihan terdiri dari jenis Perlengkapan Pemungutan Suara dan Perlengkapan lainnya. Perlengkapan Pemungutan Suara terdiri dari Kotak suara, Surat suara, Tinta, Bilik pemungutan suara, Segel, Alat untuk memberi tanda pilihan dan TPS.

“Sedangkan Perlengkapan lainnya berupa sampul kertas, tanda pengenal KPPS, petugas ketertiban dan saksi, karet pengikat surat suara, lem/perekat, kantong plastik, ballpoint, kabel ties, spidol, formulir, stiker nomor kotak suara, tali pengikat alat pemberi tanda pilihan dan alat bantu tunanetra,” jelas Ninik.

Selain itu, lanjut Ninik ada logistik Pemilihan dalam kondisi Bencana Non alam sesuai surat KPU RI Nomor 605/PP.08.5/SD/07/SJ/VI/2020 Perihal Penerimaan Perlengkapan Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran COVID-19 pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Ada logistik Kebutuhan Alat Kesehatan, PKRT (Pembekalan Kesehatan Rumah Tangga) dan Kebutuhan Barang Umum dalam Pemilihan situasi Covid-19, seluruhnya masih prosos pendistribusian secara bertahap,” tambahnya.

Logistik Kebutuhan Alat Kesehatan terdiri dari sarung tangan karet/ latex, masker sekali pakai, baju hazmat dan thermogun. PKRT terdiri dari handsanitazer, desinfektan dan sabun cuci tangan. Sedangkan kebutuhan barang umum terdiri dari masker kain, sarung tangan plastik, tisu towel, kantong plastik sampah, face shield, sprayer (semprotan) dan tempat air berkeran. (hupmas/ lyn)