KPU Kabupaten/ Kota di Jatim Kunjungi RPP Digital dan Mobil Pintar Pemilu Joyoboyo Kediri

KPU Kabupaten/ Kota di Jatim Kunjungi RPP Digital dan Mobil Pintar Pemilu Joyoboyo Kediri
KPU Kabupaten/ Kota di Jatim Kunjungi RPP Digital dan Mobil Pintar Pemilu Joyoboyo Kediri

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Celah waktu istirahat kegiatan rapat koordinasi (rakor) terbatas yang diselenggarakan KPU Jawa Timur (Jatim) di kantor KPU Kabupaten Kediri, digunakan oleh beberapa Komisioner KPU Kabupaten/ Kota untuk mengunjungi Rumah Pintar Pemilu (RPP) Digital dan Mobil Pintar Pemilu (MPP) Joyoboyo Kediri, Kamis (19/03/2020).

Kamis siang, beberapa KPU Kabupaten/ Kota peserta rapat koordinasi (rakor) terbatas yang diselenggarakan KPU Jawa Timur (Jatim) datang berkunjung di Rumah Pintar Pemilu (RPP) Digital dan Mobil Pintar Pemilu (MPP) Joyoboyo. RPP Digital dan MPP Joyoboyo tersebut merupakan inovasi baru KPU Kabupaten Kediri sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat menuju Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020.

“RPP Digital ini keren, Kediri keren mempunyai RPP dengan sistem digital pertama di Jawa Timur, inovasi bagus sekali di zaman serba teknologi ini,” ungkap Dewi Mashlahatul Ummah, Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Lamongan pada saat mengunjungi Rumah Pintar Pemilu (RPP) Digital Joyoboyo, Kamis (19/03/2020).

Sementara itu, berbeda dengan Dewi Mashlahatul Ummah, Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Mojokerto, Vikhie Risdianto, lebih memilih mengunjungi Mobil Pintar Pemilu (MPP) Joyoboyo, Kamis (19/03/2020).

“Mobil Pintar ya namanya, bagus sekali, ini terobosan baru. Kediri sangat inovatif dalam meningkatkan sarana sosialisasinya,” ujar Vikhie Risdianto, Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Mojokerto pada saat berkunjung di Mobil Pintar Pemilu (MPP) Joyoboyo.

Saat dikonfirmasi, Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Kediri, Nanang Qosim mengungkapkan bahwa, inovasi RPP Digital dan Mobil Pintar ini diluncurkan dengan tujuan untuk semakin mempermudah masyarakat memperoleh informasi khususnya berkaitan dengan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri Tahun 2020.

"RPP Digital ini inovasi baru kami mengikuti perkembangan teknologi yang semakin canggih untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang segala hal yang berkaitan dengan pemilu. Sedangkan Mobil Pintar ini digunakan untuk perluasan akses informasi bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan untuk datang ke RPP Digital," ungkap Nanang Qosim, Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Kediri, Kamis (19/03/2020). 

Nanang, sapaan akrabnya, menjelaskan, bahwa inovasi RPP Digital berangkat dari kondisi tingkat partisipasi masyarakat di Kediri yang begitu fluktuatif dalam pemilihan. Dimana pada tahun 2015, KPU Kabupaten Kediri mengalami penurunan parmas.

“Pada tahun 2010 tingkat parmas Kediri 63,33%, tahun 2015 turun menjadi 60,59%. Penurunannya mencapai 2,74%. Maka dari itu, RPP Digital ini hadir untuk menjawab penurunan tingkat parmas di Kediri. Harapannya dengan RPP Digital, sosialisasi dan pendidikan pemilih semakin lebih massif,” jelasnya.

Namun persoalan baru muncul, lanjut Nanang, dimana tidak semua orang bisa mengakses RPP Digital yang berada di kantor KPU Kabupaten Kediri. Maka KPU Kabupaten Kediri meluncurkan Mobil Pintar Pemilu (MPP) yang diharapkan mampu menjadi RPP sederhana bagi masyarakat yang membutuhkan informasi.

“Kami luncurkan MPP ini sebagai media untuk menjemput bola, jadi kami akan hadir di beberapa tempat kumpul masyarakat di beberapa titik yang bisa dimanfaatkan masyarakat, khususnya tempat-tempat bagi mereka yang tidak bisa menjangkau RPP Digital di kantor KPU,” jelasnya.

Mobil Pintar Pemilu (MPP) Joyoboyo dilengkapi perangkat digital berisi informasi PILBUP Kediri 2020.  Selain itu juga informasi pengetahuan umum tentang seluruh hal berkaitan dengan pemilihan, berkaitan dengan demokrasi dan hal ke pemiluan. Mobil Pintar Pemilu (MPP) Joyoboyo sendiri telah diluncurkan oleh KPU Kabupaten Kediri pada Minggu, 16 Februari 2020 lalu. Sedangkan RPP Joyoboyo didirikan pada tahun 2017 dan telah dikembangkan menjadi RPP Digital sejak Jum’at, 6 Desember 2019. (hupmas/ lyn)