KPU Persiapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkades

KPU Persiapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkades

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Dengan banyaknya permintaan dari pemerintah daerah terkait  permintaan data pemilih terakhir yang ditujukan kepada KPU,RI maupun di Kabupaten/Kota yang akan digunakan pada Pemilihan Kepala Desa, KPU sebagai institusi penyelenggara pemilihan maupun Pemilu di Indonesia menyambut baik hal ini dalam bentuk apresiasi dan mendukung untuk penyampaian DPT terakhir di berbagai daerah.

Melalui surat edaran KPU RI nomor 388/TIK.04-SD/01/KPU/IV/2021 tanggal 27 April 2021, KPU RI menyampaikan bahwa data DPT terakhir yang diberikan adalah DPT Pemilu 2019 maupun DPT Pemilihan Serentak Tahun 2020 bagi daerah yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah. Selain itu KPU RI menegaskan bahwa data tersebut untuk dapat dimanfaatkan sebagaimana keperluan tersebut dan tetap menjaga kerahasiaan data pribadi sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.

Seperti yang diketahui bahwa Pilkades ( Pemilihan Kepala Desa) telah dilakukan secara langsung dan merupakan salah satu pesta demokrasi yang begitu merakyat. Pemilihan tingkat desa yang merupakan ajang kompetisi politik begitu mengena jika dimanfaatkan sebagai pembelajaran politik bagi masyarakat. Dengan adanya pemanfaatan data pemilih terakhir yang digunakan dalam Pemilihan Kepala Desa, diharapkan kedepannya data pemilih dari KPU semakin berkualitas dan dapat digunakan pada Pemilihan selanjutnya. (bin/pnj)