KPU RI Terima Data Pemilih Pemula Tambahan dari Kemendagri

KPU RI Terima Data Pemilih Pemula Tambahan dari Kemendagri
KPU RI Terima Data Pemilih Pemula Tambahan dari Kemendagri

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Kamis (18/06/2020) hari ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menerima Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) tambahan berupa Pemilih Pemula dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sekira pukul 10.00 WIB, bertempat di kantor KPU RI kegiatan penerimaan data ini dilaksanakan dan disiarkan secara langsung melalui akun Facebook Live KPU RI, serta disaksikan oleh KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pemilihan Serentak tahun 2020 secara daring.

Dalam siaran daring tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyampaikan bahwa data-data yang diberikan melengkapi data yang sebelumnya.

“Data-data ini yang kami berikan melengkapi data data yang sebelumnya kami berikan. Mudah mudahan data ini dapat dimanfaatkan untuk memvalidasi pemilih," kata Mendagri Tito Karnavian secara virtual, Kamis (18/06/2020).

Dalam siaran tersebut Tito juga meminta KPU agar menjaga kerahasiaan data pemilih. Karena data DP4 adalah bagian dari privasi warga negara yang harus dijaga dengan baik oleh negara. Tito juga berharap agar penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 di tengah pandemi Covid-19 ini dapat berjalan dengan baik. Dengan cara menjalankan koordinasi yang baik antar institusi terkait.

"Pemerintah mendukung kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU, yang harus ditindak lanjuti pemerintah daerah. Termasuk oleh KPU dan Bawaslu bagian bawah, dan DKPP, yang terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah," ujarnya.

Menghadiri acara tersebut secara terpisah, Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Eka Wisnu Wardhana menjelaskan bahwa data yang diberikan Kemendagri tersebut memang data tambahan yang digunakan untuk melengkapi data pemilih yang sudah termaktub pada hasil pemutakhiran sebelumnya.

“Dalam rentang tiga bulan tersebut, KPU sesuai peraturan perundang-undangan wajib menyertakan pemilih pemula baik yang telah berusia 17 maupun yang belum berusia 17 namun telah menikah,” jelas Eka Wisnu Wardhana, Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Informasi usai mengikuti daring, Kamis (18/06/2020).

Secara fisik, data DP4 Kemendagri diserahkan langsung oleh Plt. Sekretaris Jenderal Kemendagri Muhammad Hudori, kepada Ketua KPU RI, Arief Budiman. Diketahui, jumlah data Pemilih Pemula Tambahan sebanyak 456.256 pemilih. Jumlah tersebut merupakan penambahan dari adanya pemunduran waktu pemungutan suara dari 23 September menjadi 9 Desember 2020. (hupmas/ lyn)