Launching Pemilihan Serentak Lanjutan 2020, KPU RI Perkenalkan APD Covid-19

Launching Pemilihan Serentak Lanjutan 2020, KPU RI Perkenalkan APD Covid-19

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Disela-sela kegiatan Penyerahan Data Pemilih Pemula Tambahan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI juga melaksanakan Launching Pemilihan Serentak Lanjutan yang jadwalnya akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020, Kamis (18/06/2020).

Kamis siang, sekira pukul 11.00 WIB, bertempat di kantor KPU RI, dilaksanakan kegiatan Launching Pemilihan Serentak 2020. Dalam launching tersebut Ketua KPU RI memperkenalkan alat pelindung diri (APD) yang akan digunakan dalam penyelenggaraan pemilihan di tengah bencana Non Alam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Berdasarkan pemantauan melalui daring, Ketua KPU RI, Arief Budiman, memakai APD meliputi masker, faceshield atau pelindung wajah, dan sarung tangan pada saat menyampaikan sambutan di acara tersebut.

"Kenapa memakai seluruh perangkat (APD, red). Ini menunjukkan petugas kami di lapangan menggunakan APD. Ada masker ada faceshield," ujar Arief Budiman, Ketua KPU RI dalam sambutannya, Kamis (18/06/2020)..

Arief menjelaskan bahwa petugas penyelenggara pemilihan akan memakai APD tersebut sesuai dengan standar protokol kesehatan Covid-19. Selain itu, APD berupa masker dan sarung tangan juga akan dibagikan kepada calon pemilih yang menggunakan hak suara untuk memilih di tempat pemungutan suara (TPS) pada 9 Desember 2020.

"Jadi ada masker. Masker bertuliskan tanggal hari pemungutan suara akan dibagikan (kepada calon pemilih, red). Kami akan membagikan itu menjadi bagian sosialisasi," jelasnya.

Arief menjelaskan, penyelenggaraan Pilkada 2020 menjadi sejarah bagi pesta demokrasi di Indonesia. Untuk itu, dia menginginkan agar semua tahapan penyelenggaraan dapat berjalan baik mengikuti standar protokol kesehatan.

"Pemilu bersejarah dalam kepemiluan, karena pemilu di tengah pandemi virus corona. Proses penyelenggaraan bisa dijalankan baik dan pondasi dalam penyelenggaraan pemilu Indonesia di masa mendatang kalau menghadapi situasi ini. Bukan hanya kepentingan hari ini, tetapi untuk generasi akan datang yang mewarisi melihat, belajar dari apa yang kami lakukan," tuturnya.

Dalam launching tersebut ditunjukkan jenis Alat Pelindung Diri (APD) yang akan digunakan selama tahapan Pemilihan Serentak antara lain masker, sarung tangan, hand sanitizer, pelindung wajah (face shield) hingga baju hazmat dalam upaya melindungi petugas dan pemilih dari Covid-19. (hupmas/ lyn)