Malam Ini, KPU Akan Lantik Sekretariat PPK PILBUP 2020

Malam Ini, KPU Akan Lantik Sekretariat PPK PILBUP 2020

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri akan menggelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah bagi calon anggota Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Tahun 2020, Senin (16/03/2020) malam ini.

Komsioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Kediri, Agus Hariono, menyampaikan bahwa sesuai Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 66/PP.06.4-Kpt/03/KPU/II/2020 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan, Panitia Pemungutan Suara, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota, KPU Kabupaten Kediri akan menggelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah calon Sekretariat PPK PILBUP Kediri Tahun 2020.

“Sesuai hasil pleno, acara pelantikan dan pengambilan sumpah sekretariat PPK akan digelar nanti malam di aula Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri,” ujar Agus Hariono, Komsioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Kediri, Senin (16/03/2020) siang.

Agus, sapaan akrabnya menjelaskan, Pembentukan Sekretariat PPK ini telah berlangsung sejak usai PPK dilantik pada Sabtu, 29 Februari 2020 lalu. Dimana, usai dilantik PPK melalui KPU Kabupaten/ Kota mengusulkan tiga nama calon Sekretaris PPK dan empat nama calon staf Sekretariat PPK kepada Bupati atau Wali Kota untuk selanjutnya dipilih dan ditetapkan satu nama sebagai Sekretaris PPK dan dua nama sebagai staf Sekretariat PPK dengan Keputusan Bupati/ Walikota.

“Mereka yang nama-namanya ditetapkan ini harus orang yang tidak pernah dijatuhi sanksi disiplin pegawai, mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika, mempunyai pangkat dan golongan paling rendah II B, serta diutamakan memiliki kemampuan dalam mengoperasikan perangkat teknologi informasi,” jelasnya.

Menurut PKPU, Sekretariat PPK merupakan bantuan dan fasilitas dari Pemerintah Daerah, Sekretariat PPK dibentuk paling lama 7 (tujuh) hari setelah pelantikan anggota PPK. Calon anggota Sekretariat PPK akan dilantik dan diambil sumpah dengan disertai dengan penandatangan Pakta Integritas. (hukum/ lyn)