Manfaatkan Teknologi Informasi, Wujud KPU Optimalkan Digitalisasi Pemilu

Manfaatkan Teknologi Informasi, Wujud KPU Optimalkan Digitalisasi Pemilu

Kediri, kpu-kedirikab.go.id  - Kamis (07/10/2021) Melalui Kanal Youtube KPU-RI. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti webinar dengan tema Digitalisasi Pemilu Seri 2 yang berjudul Bisakah Digitalisasi Mengefisienkan Pemilu 2024 ?.

Kegiatan webinar ini dimoderatori Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) KPU RI, Sumariyandono serta menghadirkan Pakar IT, Onno W. Purbo dan Pemantik Diskusi Anggota KPU RI, Viryan Aziz.

Ketua KPU RI, Ilham Saputra dalam sambutannya menyampaikan pentingnya digitalisasi pemilu sebagai sebuah keniscayaan di tengah pesatnya perkembangan teknologi. Untuk itu, Ilham menyampaikan pentingnya kajian-kajian dilakukan oleh penyelenggara sebagai bentuk persiapan penerapan dan pengembangan teknologi pada Pemilu dan Pemilihan 2024.

“Digitalisasi pemilu merupakan sebuah keniscayaan dalam perkembangan zaman sehingga perlu dilakukan kajian matang agar pemilu menjadi lebih efektif dan efisien,” tutur Ilham.

Senada dengan Ketua KPU, Anggota KPU RI, Viryan menyampaikan KPU tengah menggencarkan digitalisasi tahapan pemilu, digitalisasi berbagai tahapan pemilu diharapkan mengurangi kerumitan Pemilu Serentak 2024 dengan lima jenis pemilihan dalam satu hari dan dengan demikian meringankan kerja penyelenggara pemilu. 

“Digitalisasi juga ditujukan untuk meningkatkan kemudahan dalam pelayanan pemilihan, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan tahapan pemilu, serta mendorong partisipasi publik lebih luas,” ungkap Viryan.

Sementara itu, dalam materinya berjudul Digitalisasi Pemilu, Onno menjelaskan beberapa poin penting tentang keterkaitan IT dengan pemilu yang diantaranya adalah 1) Peran IT dalam mengefisienkan dan mengefektifkan setiap tahapan pemilu; 2) Dampak yang diperoleh dengan pemanfaatan IT; 3) Resiko penggunaan IT dalam Pemilu; dan 4) Potensi penerapan IT dalam pemilu.

“Digitalisasi tentu mengarah pada poin yang saya sebutkan, tetapi yang perlu digaris bawahi bahwa kesemuanya itu tidak dapat dilakukan hanya dalam satu dua hari, serta menuntut kajian bertahap sehingga optimalisasi penggunaan IT dalam pemilu betul-betul dapat dirasakan,” kata Onno. (pnj)