Memperingati Hari Kebebasan Pers Sedunia

Memperingati Hari Kebebasan Pers Sedunia

Kediri,kab-kediri.kpu.go.id – Selasa (03/05/2022) Jatuh tepat tanggal 3 Mei 2022, diperingati sebagai World Press Freedom Day atau Hari Kebebasan Pers Sedunia 

Hari Kebebasan Pers Sedunia ditetapkan Majelis Umum PBB pada tahun 1993 untuk memperingati prinsip dasar kemerdekaan pers guna mengukur kebebasan pers di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, kebebasan pers muncul di era reformasi yang ditandai dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers oleh Presiden B.J. Habibie pada 23 September 1999 yang mencabut wewenang pemerintah untuk menyensor dan membredel media massa seperti era sebelumnya.

 Di dalam keberhasilan penyelenggaraan pemilu dan pemilihan sangat lekat dengan peran penting kebebasan pers dalam menyebarluaskan informasi kepemiluan kepada masyarakat umumnya. Informasi (sosialisasi) tersebut mengenai proses dan ketentuan Pemilu, kinerja peserta pemilu, serta hak dan kewajiban pemilih. Melalui peran tersebut pers ikut aktif melakukan pendidikan politik, yaitu membantu masyarakat menentukan pilihan politik mereka. Selain itu, pers juga berperan penting dalam melakukan kontrol atas pelaksanaan pemilu, dengan melaporkan praktik-praktik curang, sejak tahap pendaftaran pemilih hingga penghitungan suara. (don/pnj)