Mengusung Tema Break The Bias, Peringatan Hari Perempuan Sedunia 2022 Harapkan Kesetaraan Maksimal

Mengusung Tema Break The Bias, Peringatan Hari Perempuan Sedunia 2022 Harapkan Kesetaraan Maksimal

Oleh Bintang Fajar

Plt. Kasubag Tekmas

Kediri, kab-kediri.kpu.go.id - Setiap tanggal 08 Maret, diperingati sebagai International Women’s Day atau yang dikenal dengan Hari Perempuan Internasional. Seluruh dunia merayakan terkait segala hal yang dicapai oleh perempuan di seluruh dunia dalam berbagai bidang. Peringatan ini bermula pada tahun 1977, dimana keputusan PBB meresmikan untuk memperjuangkan hak perempuan dan mewujudkan perdamaian dunia.

Di tahun 2022 ini, peringatan hari perempuan internasional memiliki tema kampanye #BreakTheBias. Makna dibalik tema yang diusung tersebut karena tanpa disadari banyak adanya sekat maupun bias dalam kehidupan sehari-hari yang membuat perempuan sulit untuk maju. Oleh karena itu diharapkan agar melalui kampanye #BreakTheBias kesetaraan terhadap perempuan dapat tercapai sehingga dunia menjadi lebih beragam, adil, inklusif dan bebas dari bias, stereotip maupun diskriminasi.

Dilansir dari dailystar, peringatan di tahun ini telah ditetapkannya sejumlah tujuan untuk bekerja menuju dunia yang ideal bagi para wanita, salah satunya membangun budaya kerja inklusif bagi perempuan sehingga kontribusi mereka dapat diakui dan karir mereka bisa juga lebih maju, selain itu perempuan dapat membangun karier impian mereka. Tidak hanya seputar pengembangan dan kesetaraan dalam karier saja, isu terkait kesehatan wanita pun menjadi konsentrasi juga dalam peringatan ini. Diantaranya berkisar pada isu kepositifan tubuh, isu kesehatan wanita hingga menopause.

Selama bertahun-tahun lamanya perempuan menunjukkan bukti dan kekuatannya dapat diperhitungkan di banyak sektor seperti ekonomi, sosial, budaya, politik hingga olahraga. Jadi, sekarang bukan hanya mematahkan hambatan di kaum perempuan namun mematahkan semua bias yang ada saat ini. Apakah anda mau ikut ambil bagian dari kampanye #BreakTheBias 2022 ini?...