Nanang Qosim : Sekretariat PPK Harus Mampu Bersinergi

Nanang Qosim : Sekretariat PPK Harus Mampu Bersinergi

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Kediri, Nanang Qosim mengimbau agar Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri Tahun 2020 mampu bersinergi dengan seluruh unsur penyelenggara pemilu maupun pemerintahan di Kecamatan.

Usai dilantik dan diambil sumpah, Senin (16/03/2020) malam, Komisioner langsung mengimbau kepada 78 anggota Sekretariat PPK agar mampu melaksanakan tugas dengan baik dan terus menjaga sinergitas dengan seluruh unsur penyelenggara pemilu maupun pemerintahan di Kecamatan. Sinergitas ini penting sebagai upaya untuk menyukseskan PILBUP Kediri Tahun 2020.

“Sekretariat PPK ini merupakan bantuan dan fasilitas dari Pemerintah Daerah, tugasnya adalah membantu tugas-tugas PPK dalam penyelenggaraan pemilu. Oleh karena itu Sekretariat PPK harus mampu bersinergi dengan PPK maupun pemerintahan di tingkat kecamatan,” ungkap Nanang Qosim, Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Kediri, Selasa (17/03/2020).

Nanang menjelaskan bahwa Sekretariat PPK ini nantinya akan menjadi tumpuan dalam pelaksanaan setiap tahapan. Tentu saja administrasi yang rapi dibutuhkan guna menghasilkan kinerja yang baik. Namun, lagi-lagi ini semua bergantung pada bagaimana kualitas komunikasi yang dibangun.

“Maka dari itu, kami minta sekretariat PPK juga dapat membangun komunikasi yang baik dengan seluruh unsur di tingkat kecamatan, khususnya mampu menjembatani komunikasi antara penyelenggara (PPK, red) dan pemerintah kecamatan,” tuturnya.

Sebelumnya, PPK melalui KPU Kabupaten/ Kota telah mengusulkan tiga nama calon Sekretaris PPK dan empat nama calon staf Sekretariat PPK kepada Bupati atau Wali Kota untuk selanjutnya dipilih dan ditetapkan satu nama sebagai Sekretaris PPK dan dua nama sebagai staf Sekretariat PPK dengan Keputusan Bupati/ Walikota.

Dalam Melaksanakan tugas, sekretariat PPK berpedoman pada ketentuan perundang-undangan dengan dibuktikan dengan penandatanganan pakta integritas guna menjaga asas luberjurdil secara professional dalam penyelenggaraan PILBUP 2020. (sdm/ lyn)