Optimalkan Tahapan Coklit, KPU Kabupaten Kediri Gelar Sosialisasi Pelaksanaan Coklit 2020

Optimalkan Tahapan Coklit, KPU Kabupaten Kediri Gelar Sosialisasi Pelaksanaan Coklit 2020

Kediri, 21 Juli 2020. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar acara Talkshow bersama radio Andhika Fm. Dalam acara tersebut hadir dua narasumber  Nanang Qosim dan Eka Wisnu Wardhana sebagai perwakilan KPU Kabupaten Kediri. Pelaksanaan Pecocokan dan Penelitian (Coklit) Data pemilih menjadi pokok bahasan utama dalam acara ini.

Nanang Qosim menuturkan “Tanggal 9 Desember 2020 warga kabupaten Kediri punya hajat besar. Kita akan memilih bupati dan wakil bupati Kediri, langkah awal yang harus warga Kediri lakukan adalah memastikan bahwa anda terdaftar sebagai Pemilih di pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri tahun 2020”. Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai 13 Agustus 2020.

Pelaksanaan coklit Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri telah menerjunkan 3.311 Petugas.  “semua petugas kami telah dinyatakan aman dari penularan Covid-19, mereka telah melewati proses Rapid Tes sebelum melakukan Coklit dimasyarakat”, ungkap Nanang Qosim. Petugas akan mendatangi langsung kerumah masyarakat, dengan standart protokol kesehatan seperti masker, kaos tangan, handsanitizer, dan pelindung wajah sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Pelaksanaan coklit juga menyasar bagi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) akan melakukan komunikasi online untuk memastikan bahwa masyarakat yang menjalani isolasi mandiri juga terdaftar sebagai Pemilih di pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri tahun 2020.

Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih merupakan tahap awal sebelum melakuakan pencoblosan Bupati dan Wakil Bupati Kediri tahun 2020. “Setelah melakukan proses Coklit data akan di Rekab oleh Petugas Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri, untuk  ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS). Setelah itu kita akan membuka tanggapan masyarakat untuk perbaikan dan perubahan DPS sebelum ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT)” ujar Eka Wisnu Wardhana. Masyarakat dapat mengecek data diri mereka dengan mengakses website www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id. cukup memasukkan nomor induk kependudukan (NIK) untuk mengetahui apakah sudah terdaftar sebagai pemilih di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri tahun 2020. (adm//)