Penundaan Pelantikan PPS, KPU Kabupaten Kediri Hanya Sampaikan Salinan SK

Penundaan Pelantikan PPS, KPU Kabupaten Kediri Hanya Sampaikan Salinan SK
Penundaan Pelantikan PPS, KPU Kabupaten Kediri Hanya Sampaikan Salinan SK

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Menindaklanjuti keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tentang Penundaan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/ atau Walikota atau Wakil Walikota Tahun 2020 dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19, KPU Kabupaten Kediri lakukan penundaan pelantikan PPS, dan hanya sampaikan Salinan Surat Keputusan (SK), Minggu (22/03/2020).

Hari ini, Minggu, bertempat di lima titik koordinator wilayah dilaksanakan penundaan pelantikan PPS dan hanya disampaikan Salinan Surat Keputusan (SK) PPS melalui PPK. Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan, Anwar Ansori menyampaikan bahwa Salinan SK tersebut hanya disampaikan, bukan dibagikan. Hal ini dilaksanakan setelah turun surat edaran dari KPU RI, Minggu, dini hari tadi.

"Semalam kita menunggu SE KPU RI turun, baru turun jam 2 dini hari. Penundaan Pelantikan PPS ini juga berkaitan dengan penundaan masa kerja PPS sampai batas waktu yang belum ditentukan," ungkap Anwar Ansori, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan saat memimpin pertemuan di Kecamatan Kras, Minggu.

Anwar menjelaskan bahwa Salinan SK PPS ini belum bisa dibagikan, mengingat ada perintah penundaan pelantikan dari KPU RI. Artinya, meskipun Salinan SK dan Pakta Integritas ini diberikan sekalipun belum dapat berlaku sampai ada petunjuk kembali dari KPU RI.

"Oleh karena itu keputusan pleno dini hari tadi memutuskan bahwa Salinan SK ini hanya disampaikan dan tidak dibagikan dahulu mengingat masa SK belum berlaku. Selanjutnya KPU Kabupaten menunggu petunjuk lanjutan dari KPU RI," tuturnya.

Selain bertempat di Balai Kecamatan Kras, acara serupa juga dilaksanakan di empat titik koorwil lainnya. Yakni Koorwil Kediri Utara di Gedung Serba Guna Pare, Koorwil Kediri Barat di Balai Kecamatan Gampengrejo, Koorwil Kediri Timur di Balai Kecamatan Kepung dan Koorwil Kediri Tengah di Balai Kecamatan Pagu. (hupmas/ lyn)