PenundaanTahapan PILBUP 2020, KPU Kabupaten Kediri Gelar Rakor Bersama Bawaslu dan Forpimda

PenundaanTahapan PILBUP 2020, KPU Kabupaten Kediri Gelar Rakor Bersama Bawaslu dan Forpimda

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar rapat koordinasi (rakor) terkait Keputusan Penetapan Penundaan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri Tahun 2020, Senin (23/03/2020) sore.

Sekira pukul 16.30 WIB, bertempat di ruang media center KPU Kabupaten Kediri dilaksanakan rapat koordinasi (rakor) terkait Keputusan Penetapan Penundaan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020. Rakor mengundang Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Kediri. Serta Forum Pimpinan Daerah, yang dalam hal ini dihadiri oleh Kepala Bakesbangpol, Kapolres Kediri dan Kapolres Kediri Kota.

Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi mengungkapkan bahwa rakor tersebut dilaksanakan guna menindaklanjuti Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor: 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 tentang Penundaan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

“KPU RI memerintahkan untuk menunda empat tahapan, yakni pelantikan PPS, pelaksanaan verifikasi syarat dukungan calon perseorangan, pembentukan petugas pemutakhiran daftar pemilih, dan pelaksanaan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih,” ungkap Ninik Sunarmi, Ketua KPU Kabupaten Kediri, Senin sore.

Melaksanakan keputusan tersebut, KPU Kabupaten Kediri juga akan menunda tahapan PILBUP 2020. Namun, hanya ada tiga tahapan saja yang akan ditunda. Adalah pelantikan PPS, pembentukan petugas pemutakhiran daftar pemilih (PPDP), dan pelaksanaan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.

“Untuk tahapan verifikasi syarat dukungan calon perseorangan KPU Kabupaten Kediri tidak ada, sebab tidak ada calon perseorangannya,” jelasnya.

Rakor berakhir pukul 17.30 WIB. (hupmas/ lyn)