Persiapan Pembentukan PPDP, KPU Kabupaten Kediri Beri Bimtek PPK dan PPS

Persiapan Pembentukan PPDP, KPU Kabupaten Kediri Beri Bimtek PPK dan PPS
Persiapan Pembentukan PPDP, KPU Kabupaten Kediri Beri Bimtek PPK dan PPS

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar acara bimbingan teknis (bimtek) Persiapan Pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) secara daring, Rabu (24/06/2020) siang.

Sekira pukul 13.30 WIB, bertempat di ruang media center KPU Kabupaten Kediri dilaksanakan bimtek secara daring bagi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Kediri. Bimtek dilaksanakan secara daring di wilayah PPK dan PPS masing-masing. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan tahapan pembentukan PPDP yang jadwalya berdasarkan peraturan KPU terbaru, yakni PKPU Nomor 5 Tahun 2020 dilaksanakan mulai tanggal 24 Juni hingga 14 Juli 2020.

"Mulai hari ini kita memasuki tahapan Pembentukan PPDP, oleh karena itu kami minta kepada seluruh rekan badan adhoc, baik PPK maupun PPS bersiap-siap, memahami dan melaksanakan tahapan sesuai ketentuan peraturan yang ada," ujar Nanang Qosim, Komisioner Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas KPU Kabupaten Kediri dalam uraian bimtek, Rabu (24/06/2020).

Sebagaimana kita tahu, lanjut Nanang, tugas, wewenang dan kewajiban PPDP berdasarkan ketentuan pasal 50 PKPU 3 Tahun 2015 ada enam. Yaitu membantu KPU Kabupaten/ Kota dalam melakukan pemutakhiran data pemilih, menerima data pemilih dari KPU Kabupaten/ Kota melalui PPK dan PPS, melakukan pemutakhiran data pemilih, pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih dan mendatangi pemilih untuk melakukan pencocokan dan penelitian. 

"Setelah itu, petugas PPDP juga berkewajiban memberikan tanda bukti terdaftar kepada pemilih dan menempelkan tanda khusus pada rumah pemilih, serta membuat dan menyampaikan rekapitulasi hasil pencocokan dan penelitian kepada PPS," jelasnya.

Nanang menguraikan bahwa untuk persyaratan yang harus dipenuhi bagi calon petugas PPDP sama seperti pemilihan sebelumnya, yakni memedomani PKPU 13 Tahun 2017. Namun, dalam konteks Pemilihan pada Kondisi Bencana Nonalam Covid-19 ini ada empat persyaratan tambahan.

"Seperti adanya pembatasan usia, penyertaan surat pernyataan sehat/ bebas covid-19, serta pernyataan siap melaksanakan tugas pencocokan dan penelitian (coklit, red) dari rumah ke rumah dengan mematuhi protokol kesehatan,” tuturnya.

Bimtek tersebut merupakan bimtek perdana untuk PPS, yang diselenggarakan KPU Kabupaten Kediri usai melantik dan menetapkan anggota PPS Pemilihan sejak Senin (15/06/2020) lalu. (hupmas/ lyn)