Persiapan Penerimaan Dukungan Calon, Insan : KPU Kabupaten/ Kota Wajib Pahami Peraturan

Persiapan Penerimaan Dukungan Calon, Insan : KPU Kabupaten/ Kota Wajib Pahami Peraturan

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Dalam rangka mempersiapkan tahapan penerimaan dukungan bakal calon perseorangan dalam pemilihan serentak 2020 di 19 Kabupaten/ Kota berjalan lancar, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jawa Timur, Insan Qoriawan tekankan semua anggota KPU Kabupaten/ Kota wajib memahami dan menguasai semua peraturan tahapan Pencalonan.

Hal ini disampaikan pada Rakor Persiapan Penerimaan Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan yang dilaksanakan tiga hari, 6-8 Februari 2020 di kantor KPU Kabupaten Jember.

“Agar penerimaan dukungan bakal calon perseorangan dalam pemilihan serentak 2020 di 19 Kabupaten/ Kota berjalan lancar, baik dan kondusif, maka keharusan setiap Komisioner itu memahami dan menguasai semua tahapan, utamanya tahapan pencalonan ini,” jelas Insan Qoriawan, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jawa Timur, Kamis (06/02/2020) malam.

Insan menjelaskan bahwa semua pasal yang ada pada Peraturan KPU itu selama masih berlaku, maka wajib dilaksanakan oleh KPU Provinsi dan Kabupaten/ Kota. Diantara penyelenggara di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/ Kota tidak ada yang bisa merubah pasal-pasal dalam Peraturan KPU, selain oleh aturan yang dikeluarkan oleh KPU RI.

“Sepanjang di Peraturan KPU sudah jelas, maka Peraturan KPU itu harus dilaksanakan dan jangan diperdebatkan kembali. Kalau semisal ada kondisi lain di lapangan, dimana tidak ada cantolannya atau payung hukum, silahkan berkonsultasi dengan Provinsi terlebih dahulu, baru KPU RI,” terangnya.

Pada rakor tersebut, dibahas juga mengenai potensi-potensi masalah yang kemungkinan akan muncul dalam tahapan penerimaan dukungan bapaslon perseorangan, SOP penerimaan dukungan bapaslon perseorangan, simulasi penerimaan dukungan bapaslon perseorangan, serta rencana tindaklanjut. (teknis/ lyn)