Persiapan Tahapan COKLIT, KPU Kabupaten Kediri Gelar Rakor Bersama Stakeholder

Persiapan Tahapan COKLIT, KPU Kabupaten Kediri Gelar Rakor Bersama Stakeholder

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id –  Menjelang persiapan tahapan Pencocokan dan Penelitian (COKLIT) guna Pemutakhiran Data Pemilih Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama jajaran stakeholder, Jum’at (10/07/2020).

Sekira pukul 13.30 WIB, bertempat di ruang media center KPU Kabupaten Kediri digelar rakor bersama stakeholder. hadir sebagai undangan dalam rakor adalah Gugus Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Badan Kesejahteraan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) serta Bawaslu Kabupaten Kediri.

Acara dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi. Dalam sambutannya ia mengumumkan bahwa melanjutkan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri tahun 2020, mulai tanggal 15 Juli hingga 13 Agustus 2020, KPU akan melaksanakan tahapan Pencocokan dan Penelitian (COKLIT).

“Mulai 15 Juli - 13 Agustus 2020 KPU Kabupaten Kediri melakukan coklit serentak. Tidak perlu khawatir karena semua tahapan akan dilaksanakan berpedoman pada PKPU 6 Tahun 2020 tentang Pemilihan dalam Kondisi Bencana Nonalam Covid-19,” ungkap Ninik Sunarmi, Ketua KPU Kabupaten Kediri, Jum’at (10/07/2020).

Sementara itu, Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten Kediri, Eka Wisnu Wardhana yang membidangi tahapan tersebut menjelaskan bahwa tahapan COKLIT ini akan dilaksanakan secara serentak tanggal 18 Juli 2020 oleh KPU RI.

“Apabila memungkinkan 18 Juli 2020 akan dilaksanakan coklit serentak ditandai dengan apel pemberangkatan petugas PPDP secara simbolis. Kemudian petugas akan mendatangi tokoh masyarakat yang berada di daerah tempat coklit,” jelasnya.

Ia menuturkan bahwa hari ini KPU telah dalam tahap merampungkan Pembentukan PPDP. Selanjutnya petugas PPDP akan disiapkan untuk melakukan COKLIT ke rumah-rumah warga dengan memperhatikan kesehatan dan keselamatan menggunakan  standar protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

“Mereka para petugas PPDP sebelum bertugas juga akan dirapid test terlebih dahulu, kemudian pada saat COKLIT akan dibekali  perlengkapan APD masker, face shield, antiseptic, sarung tangan sekali pakai,” tuturnya.

Ia berharap, jajaran stakeholder memberikan dukungan dan masukan demi suksesnya penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri yang akan digelar pada situasi kondisi bencana nonalam ini. 

“Bagaimanapun, KPU membutuhkan dukungan dari stakeholder terkait pelaksanaan coklit serentak apalagi kali ini dilaksanakan pada situasi pandemi, era new normal,” harapnya.

Rakor dilanjutkan dengan diskusi dan berakhir pukul 15.00 WIB. (hupmas/ lyn)