Pilkada Serentak 2020 Ditunda, KPU Kabupaten Kediri Tunggu Surat Resmi KPU RI

Pilkada Serentak 2020 Ditunda, KPU Kabupaten Kediri Tunggu Surat Resmi KPU RI

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Usai dilaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara para Penyelenggara Pemilu dan Pemerintah di tingkat nasional, akhirnya  diputusakan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 resmi ditunda.

Ketua KPU Kabupaten Kediri, Ninik Sunarmi, mengungkapkan bahwa keputusan penundaan Pilkada Serentak Tahun 2020, telah disepakati oleh  Komisi II DPR RI bersama pemerintah (Kementerian Dalam Negeri) juga penyelenggara pemilu, KPU RI, Bawaslu RI serta Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

“Pada prinsipnya semua pihak (Komisi II, Mendagri, Bawaslu, dan DKPP, red) setuju Pemilihan Serentak 2020 ditunda. Namun belum sampai pada kesimpulan kapan ditundanya. Masih muncul beberapa pendapat yang berbeda,” ungkap Ninik Sunarmi,  Ketua KPU Kabupaten Kediri, Selasa (31/03/2020).

Ninik, sapaan akrabnya, menuturkan bahwa setiap keputusan dan kebijakan KPU Kabupaten/ Kota ini atas intruksi dari KPU RI. Termasuk Keputusan Penundaan Pilkada Serentak yang juga akan dilaksanakan di Kabupaten Kediri, yakni Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri. KPU Kabupaten/ Kota prinsipnya melaksanakan apa yang diputuskan Oleh KPU RI.

"Namun hingga hari ini belum ada Surat Edaran atau Surat Keputusan resmi dari KPU RI tentang ini. Kita masih menunggu," pungkasnya. (hupmas/ lyn)