Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar

Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar

Kediri, kab-kediri.kpu.go.id - Setiap tanggal 2 Mei, kita selalu memperingati Hari Pendidikan Nasional yang bertepatan juga dengan tanggal lahir tokoh pahlawan nasional dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional di Indonesia, Ki Hajar Dewantara.

Ki Hajar Dewantara terkenal akan tiga semboyan dalam pendidikan yang sering kita jumpa yakni : “Ing Ngarsa Sung tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani” yang memiliki arti Di depan (guru) harus memberi contoh yang baik, ditengah-tengah (muridnya) harus menciptakan ide dan prakarsa, di belakang harus bisa memberi dorongan dan arahan.

Dari filosofi semboyan tersebut, Ki Hajar Dewantara memberikan dorongan semangat kepada pribumi dan mendedikasikan sepanjang hidupnya memperjuangkan hak belajar kaum pribumi di masa penjajahan Belanda dengan membangun perguruan Taman Siswa, Yogyakarta.

Namun, mengingat Hari Pendidikan Nasional 2022 yang jatuh bersamaan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, maka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) akan menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 pada tanggal 13 Mei 2022 pukul 08.00 WIB secara tatap muka, terbatas, minimalis, dan menerapkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah tanpa mengurangi makna, semangat, dan kekhidmatan acara.

Tema yang diusung pada Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 ini adalah “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar”. Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia lebih dari dua tahun ini membawa dampak yang cukup signifikan terhadap dunia pendidikan, khususnya di Indonesia. Maka dari itu pada momen Hari Pendidikan Nasional ini mari kita merefleksikan diri untuk bisa bangkit dari keterpurukan dan bergerak bersama untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia. (pnj)