Rakor Terbatas KPU Jatim, Nurul Amalia : Waktu Mepet, RENDATIN Harus Kerja Cepat

Rakor Terbatas KPU Jatim, Nurul Amalia : Waktu Mepet, RENDATIN Harus Kerja Cepat
Rakor Terbatas KPU Jatim, Nurul Amalia : Waktu Mepet, RENDATIN Harus Kerja Cepat

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kabupaten/ Kota Penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) Serentak Tahun 2020 mengikuti rapat koordinasi (rakor) terbatas yang diselenggarakan KPU Jawa Timur (Jatim) di kantor KPU Kabupaten Kediri, Kamis (19/03/2020).

Sekira pukul 10.00 WIB, bertempat di ruang media center KPU Kabupaten Kediri, rakor dibuka dan dipimpin oleh Nurul Amalia, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data KPU Jawa Timur. Dihadiri oleh Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi beserta Operator SIDALIH dari delapan KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur. Yaitu KPU Kabupaten Pacitan, Kediri, Jember, Mojokerto, Tuban, Lamongan, Gresik dan KPU Kota Surabaya.

“Rakor ini dalam rangka pencermatan DP4 Pilkada Serentak 2020. Rakor dilaksanakan dengan jumlah peserta terbatas berpedoman pada SE KPU RI tentang upaya pencegahan penyebaran virus corona,” ungkap Nurul Amalia, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data KPU Jawa Timur, Kamis (19/03/2020).

Nurul, sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa dalam melaksanakan pencermatan DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan) ini harus dilaksanakan dengan cara jemput bola. Divisi Perencanaan, Data dan Informasi (rendatin) harus kerja di awal dengan cepat.

“Kendala waktu tahapan ini sudah mepet, lebih baik pencermatan ini disegerakan di awal dengan tidak menunggu data sinkronisasi turun, kerja di awal ini harapannya kita lebih cepat lakukan sinkronisasi data,” ujarnya.

Ia meyakinkan kepada seluruh peserta bahwa kerja di awal yang dilakukan ini tidak boleh sia-sia, tetapi harus mempercepat sinkronisasi. Sehingga segalanya harus dipersiapkan dengan baik.

“Kerja KPU harus jemput bola, termasuk memetakan TPS di awal lebih baik karena bisa menjadi panduan dalam menyinkronkan data nanti. Jadi jangan menunggu data sinkronisasi turun baru kita kerja,” pesannya.

Acara rakor masih berlangsung, dengan narasumber lainnya Operator SIDALIH KPU Jatim, Agus Purwanto. (datin/lyn)