RDP dengan Pansus DPRD, KPU Kediri Sampaikan Kebutuhan Anggaran PILBUP di 2024

RDP dengan Pansus DPRD, KPU Kediri Sampaikan Kebutuhan Anggaran PILBUP di 2024

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Pansus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di ruang rapat DPRD Kabupaten Kediri. Hadir mengikuti kegiatan Anggota Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Eka Wisnu Wardhana, Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM, Nanang Qosim, dan Divisi Teknis Penyelenggaraan Anwar Ansori. Rabu (17/11/2021)

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB ini bertujuan  melakukan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (RAPERDA) tentang Dana Cadangan guna melangsungkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada 2024.

DPRD sendiri menjelaskan bahwa dana cadangan itu dibentuk karena terkait kemampuan daerah yang tidak bisa menyediakan sejumlah anggaran secara sekaligus sehingga perlu adanya dana yang dicadangkan.

Dalam kesempatan ini Divisi Rendatin, Eka Wisnu mengungkapkan bahwa terkait pengajuan anggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2024 adalah hasil evaluasi penyelenggaraan pemilihan sebelumnya dan juga berdasarkan aturan yang ada seperti standar biaya honorarium badan ad hoc mulai dari PPK, PPS, KPPS hingga PPDP dan sebagainya.

"KPU Kabupaten Kediri mengajukan estimasi kebutuhan anggaran biaya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati kediri tahun 2024 sebesar  89,9 M diluar kebutuhan Prokes, dan apabila di 2024 nanti masih dalam kondisi pandemi Covid-19, maka kebutuhan pilkada terkait Covid-19 akan dibiayai oleh Pemerintah Daerah,” tutur Wisnu.