Selamat Hari Palang Merah Internasional

Selamat Hari Palang Merah Internasional

Kediri,kab-kediri.kpu.go.id – Minggu (08/05/2022) Hari ini, tanggal 8 Mei adalah Hari Palang Merah Internasional dan diperingati setiap tahunnya. Peringatan Hari Palang Merah Internasional dibentuk tidak lain hal nya dengan tujuan mengapresiasi para relawan dan aktivis kemanusiaan di seluruh dunia.

Hari Palang Merah Internasional ini diperingati untuk mengenang dan menghormati jasa Henry Dunant sebagai penggagas Palang Merah dan sekaligus juga bapak Palang Merah dunia. Henry Dunant adalah pengusaha dan aktivis sosial Swiss. Pada tahun 1859 Henry Dunant pergi ke Italia. Saat di perjalanan, ia menyaksikan pertempuran berdarah antara pasukan Prancis Sardinia dan Austria di dekat desa kecil Solferino. Dalam pertempuran itu menyebabkan puluhan ribu tewas, terluka, dan hilang, baik tentara maupun penduduk di wilayah itu.

Berdasarkan kejadian tersebut, beliau membuat buku yang berjudul “A Memory of Solferino” pada tahun 1862. Setelahnya, Henry menyampaikan ide untuk membentuk organisasi bantuan nasional yang anggotanya terdiri dari sukarelawan yang terlatih. Yang nantinya para sukarelawan tersebut dapat membantu tentara yang terluka akibat peperangan. Dan organisasi tersebut juga semakin dikenal dengan nama Gerakan Palang Merah, yang masih ada dan membantu masyarakat hingga saat ini.

Dengan memperingati hari Palang Merah Internasional ini mendorong masyarakat dunia untuk selalu berbuat baik kepada sesama di sekitar mereka. Berbagai krisis seperti Covid-19, krisis iklim, keadaan darurat kemanusiaan, dan konflik yang meningkat, terus menghantui kita sekarang. Dan hal paling sederhana untuk mengatasi berbagai krisis yang tengah melanda dunia ini adalah berbuat baik di sekitar kita. Salah satunya dengan meningkatkan rasa kemanusiaan terhadap sesama, tak peduli seberapa besar atau kecilnya tindakan kita, yang terpenting bermanfaat bagi kehidupan sekitar kita.