Sharing Of Experience, KPU Kediri ikuti Diskusi Penggunaan Sirekap

Sharing Of Experience, KPU Kediri ikuti Diskusi Penggunaan Sirekap

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti Focus Group Discusion (FGD) Sharing Of Experience yang diselenggarakan KPU RI. Hadir menjadi narasumber yaitu perwakilan dari KPU Kabupaten Majene, KPU Kabupaten Konawe Utara, dan KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai yang berbagi pengalaman dalam penggunaan Sirekap pada Pemilihan Tahun 2020. Jumat (01/10/2021)

Ketua KPU RI Ilham Saputra menyampaikan bahwa FGD ini diadakan sebagai bentuk evaluasi penggunaan aplikasi Sirekap pada pemilihan serentak tahun 2020, dimana hasil dari berbagi pengalaman dalam penggunaan Sirekap ini akan dihimpun dan dijadikan bahan evaluasi dalam menyusun langkah perbaikan, dan perencanaan yang lebih baik, sehingga tidak hanya mematangkan persiapan tetapi juga mencari solusi dalam permasalahan yang mungkin kembali terjadi dalam pemakaian Sirekap guna menghadapi Pemilu dan Pemilihan di 2024.

”Tentu dalam penggunaan Sirekap pada pemilihan 2020 lalu pasti banyak kekurangan, sehingga sharing pengalaman terkait hal itu menjadi penting dilakukan, untuk apa? tentu saja sebagai bentuk perbaikan kedepan dengan berbagai masukan - masukan yang didapat untuk melakukan penyempurnaan jika Sirekap kembali digunakan pada Pemilu di 2024,” kata Ilham.

Lanjut Ilham, kegiatan ini merupakan wadah untuk bertukar pengalaman dalam hal penggunaan Sirekap di tahun 2020, sehingga tidak hanya mematangkan persiapan tetapi juga mencari solusi dalam permasalahan yang mungkin kembali terjadi dalam pemakaian Sirekap guna menghadapi Pemilu dan Pemilihan di 2024.

Narasumber pertama dari KPU Kabupaten Majene mengatakan beberapa kendala salah satunya kesulitan mendapatkan jaringan internet di area pegunungan terutama apabila dalam kondisi hujan. Tetapi hal ini tak menyurutkan dalam mengoperasikan aplikasi Sirekap apalagi KPU Majene juga memaksimalkan anggaran dengan mengadakan Bimtek dan Simulasi Nasional.

Senada dengan KPU Majene, KPU Kabupaten Konawe Utara turut membagikan pengalaman dalam penggunaan aplikasi Sirekap, dimana kesulitan dalam menginstall aplikasi Sirekap. Namun setelahnya bisa teratasi setelah memastikan perangkat yang digunakan memenuhi persyaratan. Tak hanya itu, kendala lain yang sering dihadapi juga terkait sambungan internet yang membuat gagal login, tombol aktivasi tidak dapat ditekan, dan link aktivasi sudah pernah digunakan. Namun, hal ini tak membuat KPU Kabupaten Konawe Utara menyerah sehingga dapat menyelesaikan pemilihan 2020 dengan sukses.

Sementara itu, narasumber terakhir KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai juga membagikan pengalaman dalam penggunaan Sirekap khususnya di daerah tertinggal di Mentawai, dimana kendala yang mereka juga hadapi dalam menggunakan Sirekap ialah sering terjadinya kegagalan dalam aktivasi Sirekap serta kapasitas handphone dari KPPS yang dibawah standar. (pnj)