Sosialisasi di Kandangan, KPU Ingatkan Pemilih Patuhi Protokol Kesehatan Saat ke TPS

Sosialisasi di Kandangan, KPU Ingatkan Pemilih Patuhi Protokol Kesehatan Saat ke TPS
Foto : Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi sosialisasi di Kecamatan Kandangan, Senin (27/10/2020).
Sosialisasi di Kandangan, KPU Ingatkan Pemilih Patuhi Protokol Kesehatan Saat ke TPS

Reporter : Novarinda

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar sosialisasi di Kecamatan Kandangan, Senin (27/10/2020). Dalam sosialisasi tersebut, KPU mengingatkan kepada masyarakat calon pemilih untuk mematuhi protokol kesehatan saat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Bertempat di Pendopo Kecamatan Kandangan, Ketua KPU Kabupaten Kediri Ninik Sunarmi memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang diwakili oleh unsur Muspimka terdiri dari Camat, kapolsek dan Danramil, Kepala Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta perwakilan Pemuda se-Kecamatan Kandangan.

Dalam paparannya, Ninik menjelaskan tentang perubahan regulasi dalam Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020, wilayah Kabupaten/ Kota dan Provinsi yang turut menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah serta Jadwal dan Tahapan Pemilihan termasuk mengulas tentang Proses Pencalonan hingga Penetapan Calon Tunggal.

“Pemilihan kali ini berbeda dengan sebelumnya, selain karena dilaksanakan pandemi, Kediri juga melaksanakan pemilihan dengan calon tunggal,” ujar Ninik Sunarmi.

Tahapan saat ini, Ninik menjelaskan, tengah berlangsung tahapan kampanye oleh pasangan calon yang telah ditetapkan. Dalam hal ini, KPU Kabupaten Kediri memfasilitasi Alat Peraga Kampanye dan Bahan Kampanye pasangan calon sesuai peraturan yang ada.

“Tahapan kampanye oleh pasangan calon ini juga wajib dilaksanakan dengan memedomani protokol kesehatan pencegahan pengendalian penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Sementara itu, kepada masyarakat pemilih, Ninik kembali mengingatkan masyarakat  agar selalu mematuhi protokol kesehatan dimanapun berada, termasuk pada saat pemungutan suara tanggal 9 Desember 2020 nanti.

“Sama halnya dengan KPU dan pasangan calon, masyarakat pemilih juga diwajibkan mematuhi protokol kesehatan pada saat datang ke TPS. Pemilih wajib menggunakan masker dan cuci tangan dengan sabun sebelum memasuki TPS,” tuturnya.

Di akhir sosialisasi, Ninik juga mengajak masyarakat yang hadir untuk turut menyebarluaskan informasi mengenai pemilihan serentak tanggal 9 Desember tersebut ke masyarakat luas.

Acara berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan pengendalian penyebaran Covid-19. (hupmas/ lyn)