Sosialisasi Kehumasan, KPU Ajak Stakeholder Bentuk Bakohumas di Kabupaten Kediri

Sosialisasi Kehumasan, KPU Ajak Stakeholder Bentuk Bakohumas di Kabupaten Kediri
Dokumentasi Rapat Koordinasi Sosialisasi Pembentukan Bakohumas

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar Rapat Koordinasi Sosialisasi Pembentukan Bakohumas bertempat di Rumah Makan Rakitoze, Senin (31/05/2021). pukul 09.30 WIB.

Rapat diikuti oleh Forkopimda, Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo, Pengadilan Negeri, Kejaksaan, Satpol PP, Polres, Polresta, KODIM 0809, Bakesbangpol, Satgas Covid, Sekretariat Dewan, Media AJI dan PWI serta  pimpinan KPU Kabupaten Kediri. 

Komisioner SDM, Sosdiklih, dan Parmas Nanang Qosim dalam materinya menyampaikan bahwa rapat koordinasi ini penting dilaksanakan guna mensinergikan pemahaman peran dan tujuan pembentukan Bakohumas yang efektif sehingga diharapkan dapat membangun opini publik yang positif terkait informasi dan menyebarluaskannya secara masif, Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengakses informasi dan meningkatkan citra lembaga serta kepercayaan publik, serta mengantisipasi pemberitaan hoax yang ada. 

“Tentunya dengan membangun kerjasama kehumasan dalam bakohumas, kita dapat bersinergi memberikan informasi yang baik kepada masyarakat, dan masyarakatpun mendapatkan informasi sesuai dengan apa yang seharusnya mereka dapatkan,” ungkap Nanang.

Pemateri selanjutnya Sekretaris, Bekti Rochani memaparkan beberapa poin strategi yang dilakukan oleh Bakohumas, sehingga kerja dari bakohumas menjadi efektif.

“Strategi dari bakohumas yang harus dilakukan yaitu mengelola, mengidentifikasi opini publik terkait informasi kepemiluan, memetakan opini, informasi dan isu kepemiluan serta membangun kedekatan dengan publik, melakukan respons cepat atas informasi yang disampaikan, melakukan kerjasama atau kolaborasi dengan stakeholder terkait penyebarluasan informasi dan peningkatan kualitas SDM Kehumasan, serta melakukan monitoring evaluasi atas efektifitas program kehumasan,” paparnya. (pnj)