Tahapan Berakhir, Tidak Ada Bapaslon Serahkan Dukungan Perseorangan

Tahapan Berakhir, Tidak Ada Bapaslon Serahkan Dukungan Perseorangan

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Sampai batas waktu pelaksanaan tahapan penerimaan berkas dukungan bakal pasangan calon perseorangan berakhir, Minggu (23/02/2020) malam pukul 00.00 WIB, tidak ada bakal pasangan calon (bapaslon) serahkan syarat dukungan ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri.

Senin (24/02/2020), dini hari, sekira pukul 00.01 WIB, KPU Kabupaten Kediri resmi menutup tahapan penerimaan berkas dukungan bakal pasangan calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020.

“Pada hari ini, setelah melewati batas akhir penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan, tidak terdapat satu pun bakal pasangan calon perseorangan yang menyerahkan syarat dukungannya. Oleh karena itu, KPU Kabupaten Kediri mengakhiri dan menutup tahapan penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020,” ungkap Ninik Sunarmi, Ketua KPU Kabupaten Kediri usai melaksanakan rapat pleno pimpinan, Senin, dini hari.

Sementara itu, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan, Anwar Ansori, menjelaskan bahwa sesuai PKPU nomor 16 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/  atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020, disebutkan bahwa mulai tanggal 19 hingga 23 Februari 2020 adalah waktu tahapan penerimaan berkas dukungan bakal pasangan calon perseorangan.

“Namun, sampai batas akhir tidak ada yang menyerahkan syarat dukungan. Ketiga bapaslon yang sebelumnya sempat mendaftar dan menyerahkan surat mandat operator SILON kepada KPU Kabupaten Kediri tidak memenuhi syarat dukungan yang diminta, secara otomatis mereka bertiga gugur dalam pendaftaran bapaslon perseorangan ini,” jelas Anwar Ansori, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan, Senin, dini hari.

Anwar menjelaskan, sebelumnya, dalam proses tahapan ini, telah datang pasangan Rahmad Mahmudi-Kholid Suharto disusul Subani Suryo Atmojo-Burhanudin serta pasangan Joko Riyanto-Edy Purnomo mendaftar dan menyerahkan surat mandat pencalonan jalur perseorangan ke KPU Kabupaten Kediri. Namun, di tengah perjalanan pasangan Subani Suryo Atmojo-Burhanudin mengundurkan diri dan memilih bergabung dengan Joko Riyanto dengan menyerahkan surat mandat baru atas nama pasangan Joko Riyanto-Subani Suryo Atmojo. Sehingga ada empat bapaslon yang mendaftar namun sampai batas akhir tahapan, keempat pasangan tersebut batal menyerahkan syarat dukungannya.

“Keempatnya memohon maaf kepada KPU dan warga Kediri sebab mereka tidak dapat melanjutkan proses ini,” tuturnya. (teknis/ lyn)