Tahapan Penetapan Paslon, KPU Kabupaten Kediri Tunggu BRPK Mahkamah Konstitusi

Tahapan Penetapan Paslon, KPU Kabupaten Kediri Tunggu BRPK Mahkamah Konstitusi

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Menuju tahapan penetapan pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menunggu hasil pencatatan dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) Mahkamah Konstitusi (MK).

Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan, Agus Hariono, menyampaikan bahwa usai dilaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat kabupaten untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020, KPU Kabupaten Kediri menunggu BRPK Mahkamah Konstitusi.

“Sesuai PKPU 5 Tahun 2020 tahapan rekap dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat kabupaten/ kota pada tanggal 13 hingga 17 Desember 2020. Setelah itu menunggu ada atau tidak perselisihan hasil pemilihan yang tercatat di BRPK MK,” ungkap Agus Hariono, Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Kediri, Selasa (22/12/2020).

Agus menjelaskan bahwa mekanisme sebelum penetapan pasangan calon terpilih, KPU Kabupaten mengirimkan hasil pleno tingkat Kabupaten dan surat keputusan (SK) nya ke KPU RI, yang nantinya KPU RI akan menyampaikan ke MK, ada atau tidaknya gugatan dalam pleno penghitungan suara tersebut.

“Penetapan pasangan calon terpilih tanpa permohonan PHP (Perselisihan Hasil Pemilihan) dilakukan paling lama 5 hari setelah MK secara resmi memberitahukan permohonan yang teregistrasi dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) kepada KPU,” jelasnya.

Untuk Kabupaten Kediri, Agus menambahkan, sejauh ini tidak ada gugatan perselisihan hasil pemilihan.

“Sejauh ini aman, semoga sampai nanti BRPK disampaikan, sekitar pertengahan Januari, Kediri benar-benar tidak ada gugatan,” terangnya. (hupmas/ lyn)