Tegaskan Prinsip Keterbukaan Informasi Publik, KPU Wajibkan Penggunaan SIMPAW

Tegaskan Prinsip Keterbukaan Informasi Publik, KPU Wajibkan Penggunaan SIMPAW
Rapat Koordinasi PAW Anggota DPRD Pemilu Tahun 2019. Kamis (8/7)

Kediri, kpu-kedirikab.go.id -  Dalam lanjutan Rapat Koordinasi Penggantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kabupaten/ Kota Hasil Pemilu Tahun 2019 secara virtual yang diadakan KPU Provinsi Jatim. Kamis (08/07/2021) pukul 10.00 WIB. 

Divisi Teknis KPU Prov Jatim Insan Qoriawan kembali menjelaskan selain diharuskan cermat dan tertib dalam pengadministrasian dokumen PAW, KPU Provinsi/Kabupaten/Kota dituntut melakukan input data kedalam aplikasi Sistem Informasi Penggantian Antar Waktu (SIMPAW).

“KPU Jatim menegaskan kembali bagi semua KPU Kab/Kota yang di wilayahnya melaksanakan PAW harus menginputkan datanya pada SIMPAW, untuk apa? agar memudahkan masyarakat/stakeholder mengakses informasi tentang PAW melalui laman publikasi pada aplikasi tersebut” terang Insan.

Insan menambahkan walaupun ruang lingkup aplikasi SIMPAW hanya mengelola data PAW anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, tapi dengan ini KPU telah menjalankan prinsip keterbukaan informasi publik, data yang diinput juga terintegrasi dengan SITUNG hal ini sebagai wujud dari penyelenggaran Pemilu yang berkualitas, integritas, transparan dan akuntabel berdasarkan visi dan misi serta nilai-nilai organisasi KPU.

Perlu diketahui, SIMPAW sendiri merupakan sistem aplikasi manajemen berbasis web yang dikembangkan KPU RI yang bertujuan menjadi alat bantu dalam memproses data khusus PAW, menghasilkan laporan data PAW yang dibutuhkan, mengarsipkan data PAW, serta mampu memberikan layanan informasi kepada masyarakat/stakeholder terkait PAW Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. (pnj)