Tetapkan Hasil Test Tulis Calon PPK, KPU Kabupaten Kediri Tanggapi Surat BAWASLU

Tetapkan Hasil Test Tulis Calon PPK, KPU Kabupaten Kediri Tanggapi Surat BAWASLU

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri Tahun 2020 masih berlangsung, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri masih melaksanakan proses seleksi peserta calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Namun, dari sisi pengawasan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kediri, menemukan peserta calon PPK berstatus mantan Calon Legislatif (Caleg) dan Partai Politik (Parpol). 

Dikonfirmasi, Komisioner Bawaslu Kabupaten Kediri Divisi Pengawasan, Humas, dan Hubungan Antar Lembaga, Ali Mashudi menjelaskan, pengawasan dilakukan selama tahapan Pilbup 2020 berjalan dan salah satu fokus saat ini adalah proses seleksi peserta calon PPK. Bawaslu juga melakukan konsolidasi dengan KPU, salah satunya terkait temuan pada peserta calon PPK.

Temuan tersebut yaitu, beberapa peserta calon PPK sebelumnya terlibat atau aktif menjadi pengurus dan anggota parpol. Selain itu, Bawaslu juga menemukan peserta yang sudah pernah menjadi PPK selama dua periode berturut turut. 

"Dugaan itu muncul pasca ditemukannya nama-nama calon anggota PPK di dalam Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL). Bahkan, salah satu di antaranya, ada yang pernah menjadi calon anggota legislatif di Pemilu 2019," jelasnya, Selasa (04/02/2020).

Bawaslu Kabupaten Kediri, lanjutnya, sudah mengantongi beberapa nama, hingga Sabtu (01/02/2020) malam, saat data yang dilampirkan pada rekomendasi diserahkan ke KPU Kabupaten Kediri, tercatat ada 24 nama pendaftar PPK yang dinilai tidak memenuhi syarat (TMS). Mereka pernah menjadi tim kampanye, kader, relawan, pengurus parpol bahkan ada beberapa yang mendapat sanksi dari KPU maupun Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP).

Sementara itu, Nanang Qosim, Komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi Divisi SDM dan Parmas mengatakan, setelah menerima surat dan pemberitahuan dari Bawaslu Kabupaten Kediri, KPU memberikan tanggapan melalui surat resmi Nomor 64/PP.05.2.-SD/3506/KPU-Kab/II/2019. Dalam surat tersebut juga mencakup beberapa hal yang menjadi pertimbangan KPU untuk mengambil tindakan serta melaksanakan seleksi PPK.

Terkait temuan nama-nama peserta calon PPK yang terlibat parpol oleh Bawaslu, KPU akan melakukan klarifikasi terhadap yang bersangkutan. "Ada beberapa alasan dan peraturan yang kami perhatikan. Untuk tahapan, tidak ada pemanggilan khusus kepada peserta calon PPK yang masuk dalam temuan Bawaslu," tuturnya.

Untuk klarifikasi, lanjutnya, KPU akan melaksanakannya pada tahapan tes wawancara. Karena, pada pengumuman hasil tes tulis menuju tes wawancara, akan ada uji publik mengenai tanggapan masyarakat. "Di situ, kami akan melakukan klarifikasi. Nantinya, kami juga akan melakukan koordinasi dengan Bawaslu," imbuhnya. (sdm/ lyn)