Tindak Lanjut Koordinasi PILBUP 2020, KPU dan Polresta Kediri Siapkan MoU

Tindak Lanjut Koordinasi PILBUP 2020, KPU dan Polresta Kediri Siapkan MoU

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Dalam rangka mewujudkan keamanan dan ketertiban masyaraat (kamtibmas) dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (PILBUP) Kediri 2020, KPU Kabupaten Kediri kembali bertandang ke Polres Kota Kediri, Selasa (28/01/2020). 

Sekira pukul 10.00 WIB, menindaklanjuti hasil silaturahmi para komisioner dengan Kapolres Kota Kediri, AKBP Miko Indrayana beberapa waktu lalu, tim divisi hukum KPU Kabupaten Kediri kembali berkoordinasi mengenai draft MoU antara KPU Kabupaten Kediri dan Polres Kota Kediri. Koordinasi tersebut diwakili oleh Kasubag Hukum, Okie Sidharta bersama staf Bintang Fajar. Koordinasi diterima langsung oleh Kabag Ops Polres Kota Kediri, Kompol Abraham Sisik. 

Kasubag Hukum Okie Sidharta melaporkan bahwa sampai hari ini tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020 telah berjalan. 

“Sejauh ini tahapan yang sudah dimulai adalah penerimaan calon perseorangan danrekrutmen badan adhoc, PPK,” terang Okie Sidharta saat pertemuan di ruang KabagOps, Selasa (28/01/2020).

Sementara itu, Kabag Ops Polres Kota Kediri, Kompol Abraham Sisik mengharapkan seluruh tahapan berjalan lancar terutama saat rekrutmen badan adhoc benar-benar diperhatikan.

“Seperti yang kita ketahui beban kerja dalam pemilihan itu kan berat. Jadi betul-betul diperhatikan mengenai kondisi kesehatan juga umur dari pelamar.Jangan hanya menjadikan surat keterangan sehat sebatas normatif saja. Semoga masukan ini bisa menjadi inputan untuk KPU,” ujar Kompol Abraham Sisik,Kabag Ops Polres Kota Kediri, yang juga pernah menjadi Kapolsek GampengrejoTahun 2007.

Kompol Abraham berpesan agar penyelenggara dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan pemilu senantiasa bertumpu pada peraturan yang ada. Hal ini untuk menghindari permasalahan/ gugatan terjadi di kemudian hari.

“Semua pihak harus sama sama menyadari tugas dan tanggung jawab. Mata kita dua namun yang mengawasi kita banyak mata,” pesannya. 

Pertemuan tersebut menghasilkan draft memorandum of understanding (MoU) Kabupaten Kediri dengan Polres Kota Kediri. (hukum/ lyn)