Tindak Lanjuti Surat KPU RI, Tim Parmas Siapkan Materi Sosialisasi Tahapan Coklit

Tindak Lanjuti Surat KPU RI, Tim Parmas Siapkan Materi Sosialisasi Tahapan Coklit

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Menindak lanjuti surat Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tentang tahapan Pemutakhiran Data Pemilih dalam Pemilihan Serentak Lanjutan 2020, Tim Partisipasi Masyarakat (Parmas) KPU Kabupaten Kediri mulai siapkan materi sosialisasi, Kamis (02/07/2020).

Bertempat di Rumah Pintar Pemilu (RPP) Joyoboyo, Tim Parmas merapatkan barisan membahas mengenai konten sosialisasi yang dibutuhkan dalam pelaksanaan tahapan pemutakhiran data pemilih.  Rapat dipimpin Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM dan Parmas, Nanang Qosim.

“Hari ini Tim Parmas tengah menyiapkan komposisi konten video tata cara mencoklit, namun isi video kali ini berbeda dengan sebelumnya, karena video kali ini harus juga menggunakan standar protokol kesehatan di saat pandemi covid-19,” ungkap Nanang Qosim, Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM dan Parmas, Kamis (02/07/2020).

Nanang menjelaskan bahwa desain video yang dibuat akan mengacu pada protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Seperti penggunaan APD oleh petugas coklit, penerapan aturan jaga jarak serta tata cara coklit yang mengedepankan kesehatan dan keselamatan dari penularan Covid-19.

“Petugas mendatangi pemilih dari rumah ke rumah dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 serta mengupayakan bertemu pemilih tidak masuk ke dalam rumah dan tidak terlalu lama,” tuturnya.

Selain video, beberapa bahan sosialisasi yang akan disiapkan tim parmas adalah pamflet/ poster berisi pesan-pesan mengenai pelaksanaan Pemilihan Serentak lanjutan 2020, yang akan dibagikan kepada pemilih, baik dalam bentuk soft file maupun hard file. (hupmas/ lyn)