Usai Pelantikan, KPU Kabupaten Kediri Beri Bimtek PPS PILBUP 2020

Usai Pelantikan, KPU Kabupaten Kediri Beri Bimtek PPS PILBUP 2020
Usai Pelantikan, KPU Kabupaten Kediri Beri Bimtek PPS PILBUP 2020

Reporter : Linda Estri Liyanawati

Kediri, kpu-kedirikab.go.id – Usai melantik 1.032 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri Tahun 2020, KPU Kabupaten Kediri langsung memberikan bimbingan teknis (bimtek) tentang tugas-tugas penyelenggaraan pemilihan, Senin (15/06/2020).

Dimulai pukul 16.00 WIB, bimbingan teknis perdana diberikan oleh Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Nanang Qosim kepada para anggota PPS. Bimbingan teknis tersebut dilaksanakan secara daring, disiarkan langsung dari kantor KPU Kabupaten Kediri dengan materi utama adalah jadwal tahapan pemilihan serta panduan singkat teknis pelaksanaan tahapan dalam situasi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dalam paparannya, Nanang Qosim, Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat mengungkapkan bahwa bimbingan teknis pertama tersebut mensosialisasikan isi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 5 Tahun 2020 Perubahan PKPU nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Dan/ atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020

“Berdasarkan PKPU tersebut, ketentuan mengenai tata cara teknis pelaksanaan seluruh tahapan, program, dan jadwal Pemilihan serentak lanjutan harus menerapkan protokol kesehatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19, red),” ungkap Nanang Qosim, Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Kabupaten Kediri, Senin (15/06/2020) sore.

Nanang menjelaskan bahwa tahapan terdekat yang akan dilaksanakan adalah perekrutan PPDP dan pemutakhiran data pemilih. Dalam hal perekrutan PPDP dan pemutakhiran data, mulai dari perekrutan hingga pelaksanaan coklit harus memperhatikan protokol kesehatan yang sudah ditentukan.

“Dalam melaksanakan tugas harus menggunakan APD minimal, seperti masker, hand sanitizer, sarung tangan plastik dan menerapkan phsycal distancing/ jaga jarak serta menghindari kerumunan massa,” jelasnya.

Dalam bimtek tersebut, Nanang juga menyampaikan bahwa setelah PPS resmi dilantik, pihak KPU Kabupaten Kediri juga akan segera menetapkan nama-nama Sekretariat PPS untuk mendampingi tugas-tugas PPS kedepannya.

“KPU sudah menerima usulan dari pemerintah desa tentang nama-nama sekretariat PPS, selanjutnya KPU Kabupaten Kediri per hari ini juga, Senin, 15 Juni 2020 akan menetapkan 344 SK Sekretariat PPS,” tuturnya.

Bimtek tersebut berakhir pukul 17.00 WIB. (hupmas/ lyn)