Usulkan Percepatan Pemilu, KPU Tunggu Jawaban DPR

Usulkan Percepatan Pemilu, KPU Tunggu Jawaban DPR
Dokumentasi Kotak Suara Komisi Pemilihan Umum

Kediri, kpu-kedirikab.go.id - Kamis (03/06/2021) Via daring KPU Kabupaten Kediri mengikuti webinar para penyelenggara pemilu, kegiatan yang menghadirkan narasumber Dewan Perkumpulan Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini dan Ketua KPU Ilham Saputra ini membahas hasil usulan Pemilu yang telah disampaikan KPU kepada Komisi II terkait Pemilu dan Pemilihan 2024.

Komisi Pemilihan Umum mengusulkan terkait percepatan penyelenggaraan Pemilu 2024, hal ini dilakukan mengingat pada 2024 terjadi penyelenggaraan yang hampir bersamaan antara Pemilu Legislatif, Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, hingga Pemilihan Kepala Daerah digelar dalam waktu yang sama.

KPU berharap agar dengan adanya percepatan penyelenggaraan tersebut terjadi efisiensi waktu. KPU mengusulkan kepada DPR dengan membagi dua waktu penyelenggaraan yakni tanggal 21 Februari 2024 untuk penyelenggaraan Pemilu dan pada tanggal 20 November 2024 untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah.

"Kami mengusulkan pada tanggal 21 Februari 2024 untuk penyelenggaraan pemilu, dan kemudian pilkada kita laksanakan pada tanggal 20 November 2024," kata Ketua KPU RI Ilham Saputra dalam diskusi daring yang ditayangkan melalui webinar bersama Perludem.

Mengingat pada penyelenggaraan sebelumnya, Pemilu digelar pada bulan April. Apabila pada tahun 2024 nanti diselenggarakan pada bulan yang sama seperti penyelenggaraan periode sebelumnya, KPU khawatir terhadap sisa waktu yang ada tidak cukup untuk menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah. (bin/pnj)