Wujudkan Penyelenggaraan Pemilu Berintegritas dengan Sosialisasi Regulasi Berkualitas

Wujudkan Penyelenggaraan Pemilu Berintegritas dengan Sosialisasi Regulasi Berkualitas

Kediri, kab-kediri.kpu.go.id - Senin (25/4/2022) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri mengikuti Sosialisasi Tentang Politik dan Demokrasi “Mewujudkan Penyelenggara Pemilu dan Pemilihan 2024 Yang Berintegritas Melalui Sosialisasi Regulasi yang Berkualitas” yang digelar KPU Kabupaten Sukabumi. Berlangsung daring, hadir sebagai keynote speaker Anggota KPU RI Idham Kholik dan Anggota KPU Kabupaten Sukabumi Ayi Saepudin. 

Menurut Idham Holik, Informasi kepemiluan harus disampaikan agar tercipta pemilih cerdas yang memiliki bekal kepemiluan yang cukup. Sosialisasi menjadi faktor strategis dalam menciptakan pemilih literat dengan pengetahuan memadai sehingga dalam mengambil keputusan elektoral selalu tepat, tidak goyah ketika diterjang pengaruh dari luar dirinya.

“Kenapa pemilih berdaulat, negara kuat, karena dengan literasi dan sosialisasi, pemilih jadi terberdayakan," ujar Idham.

Lebih lanjut, Idham menjelaskan bahwa sosialisasi pemilih tidak hanya tidak hanya sekedar mengamati dan memahami tetapi menjadi seorang yang bertanggung jawab terhadap keputusan politiknya. Selanjutnya harus membangun komitmen kuat, kuat, sosialisasi, formal dan,  individual, sehingga indeks demokrasi akan meningkat.

“Hari ini status demokrasi low, karena ada problem aspek budaya politik masih terbelakang, buktinya perilaku memilih seseorang ada banyak gangguannya, dalam sebuah keluarga dalam proses kemandirian pengambilan keputusan," tambahnya.

Sementara itu, Ayi Saepudin mengatakan sosialisasi terkait politik dan demokrasi ini sebagai bentuk pengenalan apa itu sosialisasi kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Kabupaten Sukabumi. 

"Unsur masyarakat senantiasa selalu menjadi penggerak dan pemerhati demokrasi. Senantiasa berada pada kebijakan untuk pendidikan politik pada masyarakat khususnya Sukabumi," kata Ayi. (pnj)